Air Terjun Tumpak Sewu, Primadona Wisata Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu, Primadona Wisata Lumajang

Posted on

Hayuklah.com – Air Terjun Tumpak Sewu, Primadona Wisata Lumajang. Kebanyakan air terjun yang pernah kita saksikan hanya berjumlah 1 atau paling banyak mungkin 3 hingga 6 curah air terjun. Namun berbeda dengan air terjun-air terjun yang pernah kamu saksikan sebelumnya, Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang yang berada di Jl. Nasional III, (900m dari polsek Tirtoyudo) Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini, memiliki puluhan grujukan atau air terjun sehingga tampak sangat mempesona.

Wisata alam Lumajang ini adalah salah satu daya tarik yang sangat mempesona. Sebutan air terjun Tumpak Sewu tampaknya berasal dari jumlah air terjun yang mengalir di tempat ini. Selain keindahan air terjun, sudah pasti pemandangan alam di sekitarnya juga tidak kalah menarik. Primadona Lumajang ini berada di sebuah tebing yang berdiri vertikal dan membentuk cekungan.

Peta Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu, Primadona Wisata Lumajang

Seperti biasa, rute menuju air terjun tidak pernah mudah. Namun semuanya akan sebanding dengan apa yang akan kita temukan di sana. Jika kita ingin menikmati sesuatu yang luar biasa indah, pengorbanannya juga terkadang tidak sedikit. Kamu harus tahu juga, untuk bisa sampai ke air terjun ini, waktu yang kita habiskan untuk berjalan kurang lebih sekitar 1,5 jam.

Namun di samping tidak mudah, rute menuju air terjun selalu menyajikan pemandangan indah dari alam di sekitarnya yang luar biasa. Berbeda dengan beberapa air terjun lainnya, rute menuju air terjun Tumpak Sewu sedikit berbeda, tampak unik, dan menantang.

Jadi, bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, ini adalah tempat yang sangat tepat untuk menikmati akhir pekan atau liburan.

Untuk menyaksikan langsung keindahan Coban Sewu nama lain dari air terjun Tumpak Sewu, kita terlebih dahulu harus turun dan melalui sebuah goa yang bernama Goa Tetes. Goa tersebut akan membawa kita menyusuri sungai yang airnya bersumber dari air terjun. Jalan yang akan kita lalui sedikit ekstrim karena melawan arus, di samping jalan tersebut licin dan berlumut. Jadi, sudah pasti kehati-hatian sangat dibutuhkan. Agar lebih mudah dan aman, ada baiknya kamu pergi ke tempat ini bersama teman yang sudah berpengalaman atau dengan membawa guide.

baca: Lokasi Wisata Air Terjun Aek Sijorni, Berundak Berair Jernih

Kamu bisa datang ke air terjun ini dari Kota Malang dengan mengambil arah ke Kepanjen kemudian diteruskan menuju daerah Lumajang. Atau, jika kamu datang dari Lumajang kamu hanya perlu mengambil jalan ke arah Pasiran. Tepat di Kaki Gunung Semeru lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya utama, disini kamu akan menemukan air terjun Tumpak Sewu.

Sebelum sampai ke air terjun nan eksotis ini, kamu juga sebenarnya bisa mampir ke Air Terjun Kapas Biru yang tidak kalah menarik dibanding Air Terjun Tumpak Sewu. Jarak antara kedua air terjun tersebut tidak terlalu jauh hanya 5 atau 6 kilometer saja.

Tips Beriwisata ke Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu, Primadona Wisata Lumajang

Sepanjang perjalanan, banyak hal menarik yang akan kamu temukan dan banyak seru dan menantang yang akan kita lewati. Jadi, perhatikan beberapa tips berikut ini agar perjalanan kamu bisa tetap nyaman dan seru.

Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang memang cocok dimanfaatkan untuk berpetualang di alam terbuka. Gunakanlah sepatu yang tidak licin. Karena kita akan menuruni tebing curam dan batu-batu cadas yang berlumut.

Kamu juga tidak dianjurkan untuk membawa beban terlalu berat. Gunakanlah tas yang tidak merepotkan seperti tas punggung dan simpanlah semua barang elektronik atau yang lainnya di dalam tas agar tidak tercecer.

Selain itu, kamu juga sebaiknya membawa bekal makanan atau minuman karena sudah pasti disini tidak akan kamu temukan warung-warung penjual makanan atau minuman ringan.

Dan yang tidak kalah pentingnya, sebaiknya kamu berkunjung ke obyek wisata alam air terjun Tumpak Sewu ini pada musim kemarau. Karena pada musim hujan sudah pasti situasi rute menuju air terjun akan semakin licin dan ekstrim.

Dan sebelum kamu kembali untuk pulang, ada baiknya kamu juga mampir ke telaga kecil yang berada sebelum tebing. Telaga ini memiliki air yang cukup jernih dan bisa dimanfaatkan untuk mandi atau membersihkan diri serta bersantai di pinggirnya sambil menikmati cemilan.

baca: Wisata Air Terjun Madakaripura, Keindahan Tersembunyi di Probolinggo

Namun bagi kamu yang tidak menyukai tantangan ekstrem atau tidak berani turun melewati tebing yang curam, kamu tetap bisa menikmati air terjun ini dari atas. Dan tentu saja menikmatinya dari atas juga tidak kalah indahnya dibandingkan dengan menikmati Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang dari bawah.

Leave a Reply