Home Bali Pengalaman Liburan Ke Bali Saat Gunung Agung Sedang Aktif (Desember 2017)

Pengalaman Liburan Ke Bali Saat Gunung Agung Sedang Aktif (Desember 2017)

506
0

Pengalaman Liburan Ke Bali Saat Gunung Agung Sedang Aktif (Desember 2017) – Malam itu, rencana untuk liburan ke Bali yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari oleh 2 orang teman saya hampir saja tak bisa direalisasikan. Mereka hampir putus asa setelah mendapatkan pemberitahuan bahwa pesawat yang harusnya membawa mereka ke Bali pada esok harinya, harus dibatalkan karena kondisi Gunung Agung yang saat itu dianggap punya potensi membahayakan jalur trasnportasi udara di Bali.

2 hari sebelumnya, Bandara International Ngurah Rai Bali memang sudah ditutup dengan alasan yang sama. Mereka berdua pun sudah siap menerima kenyataan jikalau nanti penerbangan mereka menuju ke Bali juga mesti diurungkan.

Namun mereka tak menyerah begitu saja. Saat menerima pemberitahuan batalnya keberangkatan pesawat, mereka kemudian memilih opsi untuk berangkat di hari berikutnya, tepatnya 30 November 2017. Tentu dengan harapan, bandara sudah akan kembali dibuka mulai hari ini (29 November). Namun hingga pukul 12.00 WIB, kabar perkembangan terbaru soal Bandara di Bali tersebut tak kunjung datang.

BACA JUGA : Beberapa Hal Yang Harus Kamu Tau Sebelum Liburan ke Bali!

Mereka pun mulai coba mencari jalan alternatif dengan skenario mendarat di kota lain, lalu melanjutkan perjalanan ke Bali via jalur darat. Namun opsi itu pun akhirnya urung dilakukan karena selain semua jadwal kereta menuju ke Bali / Banyuwangi sudah penuh, waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan pun tergolong lama.

Hampir putus asa, mereka kemudian coba mencari tiket perjalanan untuk menuju ke lokasi lain supaya jatah cuti yang sudah terlanjur mereka ambil tak terbuang begitu saja. Kalian para pekerja kantoran pasti paham kan bagaimana rasanya? ??

Namun ditengah keputus-asa’an itu, entah ya, saya tiba-tiba iseng aja untuk mengintip timeline twitter. Dan alhamdulillah, kabar baik pun saya temukan disana! Pengumuman soal Bandara Ngurah Rai yang sudah dibuka kembali, saya temukan lewat tweet dari akun @djpu151

Senang? Jelas dong! Saya pun kemudian segera mengabarkan kedua teman saya tadi agar mereka membatalkan niat untuk pergi ke kota lainnya.

A post shared by Hayuk Lah (@hayuklah) on

30 November 2017. Saya berangkat ke Bandara Ngurah Rai untuk menjemput dua teman saya itu. Tak seperti biasanya, hari itu bandara nampak cukup sepi. Mungkin sudah banyak yang terlanjur membatalkan penerbangan kali ya? Iya, mungkin.

Yang jelas, terasa sekali bahwa dampak dari naiknya aktifitas Gunung Agung terhadap pariwisata Bali. Beberapa spot yang kami kunjungi nampak amat sangat sepi, jauh sekali perbedaan jumlah pengunjungnya jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

A post shared by Mas Bocah (@masbocah) on

Tanah lot, adalah salah satu destinasi yang kami kunjungi saat itu. Terlihat bahwa jumlah wisatawan tak terlalu banyak disana, khususnya wisatawan asing yang biasanya memadati kawasan ini.

Bahkan hingga sore hari menjelang sunset, lokasi ini masih terasa cukup lengang. Dan entah harus senang atau sedih, yang jelas, kami jadi bisa menikmati suasana disana dengan lebih leluasa.

A post shared by Hayuk Lah (@hayuklah) on

A post shared by Hayuk Lah (@hayuklah) on

A post shared by Hayuk Lah (@hayuklah) on

Seperti yang bisa dilihat dari gambar diatas, beberapa lokasi lain pun nampak sangat sepi pengunjung. Namun, beberapa lokasi lain seperti misalnya Desa Penglipuran, nampak masih cukup ramai dikunjungi. Meskipun, sebagian besarnya adalah wisatawan domestik.

Dan ya, dari semua lokasi yang kami kunjungi, tak satupun yang terkena dampak dari aktifitas Gunung Agung. Sehingga bisa dikatakan bahwa kondisi lokasi wisata di Bali masih aman untuk dikunjungi oleh kalian yang ingin berlibur disini.

Yang terpenting adalah, hindari untuk mengunjungi lokasi yang terlalu dekat dengan Gunung Agung. Meskipun kenyataannya, beberapa lokasi seperti Bedugul, Kintamani dan beberapa lokasi lain yang tak terlalu jauh dengan Gunung Agung masih sangat aman untuk dikunjungi.

BACA JUGA : Pilihan Hotel 200ribuan di Dekat Pantai Sanur, Bali!

Saran saya, perhatikan dan pantau terus kabar terbaru soal Gunung Agung melalui update update yang ada, termasuk soal arah angin (agar kita bisa terhindar dari abu vulkanik) dan juga kekuatan dari aktifitas gunung.

Karena kebetulan, saat itu memang arah angin sedang berhembus ke arah timur. Sehingga kawasan disebelah barat dan selatan Gunung Agung masih terbebas dari abu vulkanik.

Untuk melihat keindahan lain dari Pulau Bali, silakan follow akun Instagram kami @Hayuklah dengan hashtag #HayuklahBali. Jangan lupa, subscribe juga channel YouTube kami ya! Semoga bermanfaat! ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here