Home Info Lainnya Hal Yang Harus Kamu Tau Soal Transit Saat Naik Pesawat

Hal Yang Harus Kamu Tau Soal Transit Saat Naik Pesawat

0

Hal Yang Harus Kamu Tau Soal Transit Saat Naik Pesawat – Kalau misalnya kita memesan tiket pesawat, terkadang akan ada keterangan “transit” dalam jadwal penerbangan yang tertera. Dan seperti namanya, maksud dari transit disini artinya adalah “mampir” atau singgah.

Jadi kalau misal dalam penerbangan tersebut kita dijadwalkan untuk transit, artinya nanti kita akan diterbangkan dan mendarat ke lokasi transit tersebut, sebelum kemudian melanjutkan kembali penerbangan ke lokasi yang kita tuju.

Tapi ini tergantung berapa kali transit sih, karena kadang akan ada penerbangan yang mewajibkan kita untuk transit lebih dari sekali.

Biasanya, kita diharuskan untuk transit jika ternyata rute penerbangan yang kita inginkan itu terlalu jauh, atau bisa juga karena maskapai yang kita gunakan itu tidak memiliki rute penerbangan langsung (direct flight) dari kota asal kita ke kota tujuan yang kita inginkan.

Kemungkinan lainnya adalah karena tiket untuk direct flight ke kota tujuan sudah habis terjual, sehingga akan dipilihkan rute alternatif yang mengharuskan kita untuk melakukan transit.

Pesawat transitOke aku rasa cukup untuk penjelasan soal apa itu transit dalam istilah penerbangan. Selanjutnya, aku bakal membahas soal bagaimana langkah atau prosedur yang harus kalian lewati saat mendapatkan penerbangan dengan transit. Agar kalian khususnya yang baru pertama kali naik pesawat tidak kebingungan ketika harus menjalankannya.

Prosedur Transit Pesawat

Cara untuk dapat melakukan transit sebenarnya nggak jauh beda dengan cara naik pesawat seperti biasanya. Hanya saja memang ada prosedur ekstra yang harus kita jalankan.

Hal penting pertama yang harus kalian pastikan adalah jangan sampai e-ticket dan boarding pass kalian terhapus (jika membeli secara online) atau terbuang sebelum benar-benar sampai di kota tujuan. Hal ini bakal sangat penting khususnya jika kalian harus berpindah ke maskapai yang berbeda alias transfer penerbangan.

Saat masih berada kota awal keberangkatan, kalian bisa melakukan check-in seperti biasa. Kalian juga bisa menitipkan barang bawaan di bagasi (jika diperlukan) seperti biasa.

1. Transit Dengan Maskapai Yang Sama / Satu Grup

Nah, ketika sudah mendarat di lokasi transit, saat keluar pesawat biasanya akan ada petugas yang menunjukkan arah kemana kita harus berjalan. Atau jika tidak ada, maka bacalah petunjuk arah yang biasanya berada diatas.

Disana biasanya akan ada counter khusus bagi penumpang transit. Di counter itulah kalian harus melakukan check-in kembali untuk konfirmasi sebelum melanjutkan ke penerbangan selanjutnya.

Kalian bisa langsung menuju ruang tunggu jika waktu penerbangan tidak berselang terlalu lama dengan waktu kedatangan di bandara tempat kita transit.

Jika maskapai yang kalian gunakan adalah maskapai yang sama atau dibawah naungan satu grup yang sama (seperti misalnya Lion Air dan Wings Air), maka biasanya prosedur seperti inilah yang bakal kalian jalani. Dengan catatan, jika jeda waktu transitnya tidak terlalu lama ya.

Untuk bagasi pun biasanya kalian tak perlu repot untuk mengambil dan menitipkan ulang karena pihak maskapai bakal langsung memindahkannya ke pesawat yang akan kamu tumpangi selanjutnya.

Namun dalam keadaan tertentu bisa saja kalian harus melewati prosedur yang berbeda. Jangan malu bertanya pada petugas untuk memastikan bahwa kalian sudah melewati prosedur yang benar.

2. Transit Beda Maskapai

Jika ternyata kalian memesan tiket yang mengharuskan untuk transit dengan maskapai yang berbeda-beda, maka bisa jadi kalian bakal harus sedikit lebih repot.

Bisa jadi kalian bakal cuma harus melewati prosedur yang sama seperti yang sudah ku jelaskan diatas, KALAU ternyata kedua maskapai yang akan kita gunakan nanti memang sudah ada kerjasama khusus.

Bagasi transit pesawatNamun jika tidak, maka kita harus mengambil terlebih dulu bawaan yang kita titipkan di bagasi (jika ada) saat sudah mendarat di bandara transit, lalu pergilah ke counter check-in milik maskapai yang akan kita tumpangi selanjutnya.

Sebelum itu, aku sarankan untuk coba mampir ke counter transit terlebih dahulu buat memastikan prosedurnya. Apakah harus ambil bagasi dulu, atau bisa langsung. Intinya, jangan malu untuk bertanya.

Tips Penerbangan Transit

Jika ternyata kamu belum pernah dan baru pertama kali akan naik pesawat, aku sarankan untuk membaca tulisan tentang prosedur dan tips saat pertama kali naik pesawat terlebih dahulu agar perjalananmu dapat berjalan dengan lancar.

Jika sudah, baru kita bisa mulai membahas soal tips untuk penerbangan transit.

1. Memilih Maskapai

Jika memang kalian tidak bisa menemukan penerbangan langsung alias direct flight ke kota tujuan, maka aku sarankan bagi kalian untuk memilih penerbangan transit yang dioperasikan oleh satu maskapai yang sama. Misalnya penerbangan pertama menggunakan Air Asia, lalu penerbangan berikutnya (setelah transit) juga masih menggunakan Air Asia.

Hal ini bertujuan agar kita bisa menjalani prosedur yang lebih simple. Terlebih lagi jika misalnya ada keterlambatan alias delay di penerbangan pertama, maka kita akan lebih mudah untuk mendapatkan solusi yang sesuai dengan kebijakan maskapai yang kita gunakan.

2. Barang Bawaan

Bawalah barang bawaan seperlunya agar nanti kita tidak kerepotan saat berada di bandara transit. Terlebih lagi jika ternyata kita diharuskan untuk mengambil bagasi terlebih dahulu.

Karena terkadang, menunggu agar barang yang kita titipkan di bagasi itu bisa memakan waktu yang cukup lama loh. Apalagi kalau banyak.

3. Waktu

Cara transit pesawatSaat harus melakukan penerbangan dengan transit, perhatikanlah jeda antara waktu kedatangan di bandara transit dengan jadwal penerbangan berikutnya. Saranku, pilihlah yang jeda waktunya minimal satu setengah jam (90 menit) agar nanti kita tidak terburu-buru untuk mengejar penerbangan berikutnya.

Kalau bisa sih ya yang lebih lama sedikit (2-3 jam sudah sangat cukup) supaya ada jeda waktu ekstra karena siapa tau di penerbangan awal pesawat kita ternyata delay. Agak membosankan memang, tapi yaa demi kelancaran perjalanan juga kan?

4. Detail Transit

Selain soal waktu, hal lain yang mesti kalian perhatikan adalah detail dari jadwal transit. Apakah hanya butuh satu kali transit, atau lebih? Serta di bandara mana saja kita harus singgah sebelum sampai ke kota tujuan?

Hal ini penting karena terkadang, akan ada pilihan rute yang membuat waktu tempuh dan juga biaya penerbangan menjadi tidak efisien. Sebagai contoh, kita akan mencari penerbangan dari Denpasar menuju Lampung.

Kalaupun memang harus transit, pilihlah lokasi transit yang sekiranya searah dengan kota tujuan kita. Misal dari Denpasar, transit ke Jakarta, lalu dilanjutkan menuju Lampung. Ini masih masuk kategori wajar.

Pilihan rute yang tidak efisien disini adalah misalnya kita harus melakukan dua kali transit misalnya dari Denpasar, transit ke Lombok, lalu transit lagi ke Jakarta, sebelum akhirnya dilanjutkan menuju Lampung.

Prosedur transit pesawatNah rute transit dari Denpasar ke Lombok inilah yang membuat tidak efisien, karena selain berlawanan arah dengan kota tujuan kita, sebenarnya rute dari Denpasar ke Jakarta secara langsung juga tersedia.

Intinya kita harus teliti untuk soal ini. Kecuali kalau memang pilihan rute yang lain sudah tidak tersedia alias habis terjual loh ya. Tapi kalau untuk penerbangan ke luar negeri, rute berputar-putar seperti ini bisa dibilang wajar dan memang bakal sering kita temui salah satunya karena keterbatasan jadwal.

Akhir Kata ..

Nah itulah beberapa prosedur yang harus kita jalankan saat melakukan transit ketika menggunakan pesawat terbang untuk bepergian.

Sekali lagi, jangan takut atau malu untuk bertanya pada petugas jika kita merasa ragu. Demi kelancaran perjalanan kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here