Home Info Lainnya ASUS A412DA, Laptop Bertenaga AMD Ryzen Untuk Pejuang Revisi!

ASUS A412DA, Laptop Bertenaga AMD Ryzen Untuk Pejuang Revisi!

6

ASUS A412DA, Laptop Bertenaga AMD Ryzen Untuk Pejuang Revisi! – Kata “revisi” merupakan sebuah kata yang bisa sangat menyebalkan bagi para pekerja, khususnya dibidang industri kreatif. Apalagi jika ternyata permintaan revisi datang disaat yang tak diinginkan.

Aku juga paham, bahwa terkadang orang akan malas membawa laptop ketika bepergian karena beberapa alasan. Umumnya sih karena dianggap terlalu memakan ruang, atau merasa terlalu terbebani dengan bobotnya yang dianggap memberatkan.

Tapi ya mau gimana lagi? Itu adalah salah satu resiko dari pekerjaan yang dipilih. Kalaupun akhirnya memilih untuk tak membawa laptop, resikonya bahkan bisa lebih merepotkan. Karena sesungguhnya, revisi bisa datang kapan saja. Dan itu adalah sebuah keniscayaan.

Tak peduli apakah kita sedang hangout, baru pulang kantor, ataupun saat sedang liburan. Keniscayaan ini juga sudah mulai bisa dibuktikan sejak masih duduk di bangku perkuliahan.

Maka jangan heran kalau kamu melihat ada orang yang selalu siaga dengan laptopnya kemanapun ia pergi. Walau mungkin mereka membawanya dengan perasaan terpaksa. Karena mereka juga pasti sadar bahwa mau tidak mau mereka harus menyelesaikannya demi menghindari terjadinya keputusan yang tak diinginkan dari si bos ataupun klien.

Pentingnya Laptop Bagi Pejuang Revisi

Dalam urusan ini, memang tak ada lagi yang bisa lebih diandalkan selain laptop. Karena selain sifatnya yang portable (bisa dibawa-bawa), laptop juga punya nyaris segala fungsi yang dibutuhkan untuk mengerjakan revisi.

Keyboard fisik yang dimilikinya masih belum bisa ditandingi oleh keyboard virtual manapun di perangkat seperti tablet ataupun smartphone. Itulah kenapa orang akan lebih memilih untuk menggunakan laptop walau mengerjakan berbagai tugas yang dianggap sederhana. Misalnya tugas yang hanya berbentuk tulisan.

Ditambah lagi, user interface yang ada pada laptop juga dirasa lebih advance daripada smartphone ataupun tablet. Sehingga, pekerjaan dapat lebih cepat selesai, serta penggunanya juga akan merasa jauh lebih nyaman dalam mengerjakan sesuatu dengan menggunakan laptop.

Akan tetapi …

Sebagian besar laptop yang ada di pasaran punya dimensi fisik dan bobot yang dianggap kurang ideal untuk dibawa-bawa. Sehingga orang-orang akan berpikir dua kali jika ingin membawa laptop. Khususnya ketika kita sedang liburan, atau bepergian diluar jam kantor. Saat-saat dimana kita akan merasa tidak ingin terlalu terbebani.

Kalaupun memang sudah niat untuk membawa laptop, aku sangat yakin bahwa mereka dan mungkin juga termasuk kamu, pasti menginginkan sebuah laptop yang ringkas dan ringan. Minimal, supaya nggak terlalu membebani lah.

Males banget kan kalau harus bawa ransel besar kemana-mana hanya untuk bisa membawa laptop? Belum lagi kalau misal laptopnya itu berat.

Masalahnya, laptop yang ringkas dan ringan itu biasanya juga bakal berat di ongkos alias nggak semua orang sanggup buat membelinya. Apalagi untuk para mahasiswa.

Tapi, itu hanyalah cerita lama. Karena kabar baiknya, saat ini kita sudah punya sebuah pilihan baru dengan kriteria yang akan mengeliminasi alasan yang selama ini membuat kita ogah untuk membawa laptop saat bepergian. Laptop yang kumaksud disini adalah ASUS Vivobook Ultra A412DA.

Apa Keistimewaan ASUS Vivobook Ultra A412DA?

ASUS Vivobook Ultra AMD RyzenKeistimewaan paling utama dari perangkat notebook yang satu ini adalah soal harganya. Ia ditargetkan agar bisa dijangkau oleh banyak kalangan termasuk mahasiswa dan pekerja kantoran pada umumnya. Banderol harga resmi dari ASUS Vivobook Ultra A412DA adalah mulai dari Rp 6.599.000 untuk varian termurah, atau Rp 8.599.000 untuk varian tertinggi.

Sengaja aku sebut harga di awal supaya kalian penasaran buat nyimak dan nggak auto-skip saat baca tulisan ini 😏. Dengan harga yang demikian terjangkau itu, ia sudah punya berbagai keistimewaan dari sebuah Ultrabook yang umumnya punya harga mahal.

1. Mungil & Mudah Dibawa

ASUS Vivobook Ultra A412 diperkenalkan sebagai the world’s smallest 14 inch colorful Ultrabook. Klaim tersebut tentu bukan isapan jempol semata. Karena laptop ini punya dimensi fisik yang sangat mungil untuk sebuah laptop dengan bentang layar 14 inch.

Hal itu menjadi mungkin karena ia sudah menggunakan NanoEdge display. Artinya, bezel alias tepian layar dari perangkat ini dibuat sangat tipis yaitu hanya 5.7 mm saja. Dengan begitu, bagian body lainnya pun dapat dibuat lebih ringkas. Panjang body laptop ini adalah 322 mm dan lebar 212 mm.

NanoEdge display ASUS Vivobook A412 AMDTuh, kalian bisa lihat sendiri kan betapa tipisnya bezel layar dari ASUS A412DA? Saking ringkasnya, screen-to-body ratio-nya mencapai 87%. Bobot dari ASUS Vivobook A412DA juga tergolong sangat ringan untuk laptop sekelasnya, yaitu hanya 1.5 kg saja dengan ketebalan fisik hanya 19.5 mm. Dari sini saja, aku yakin rasa malas untuk membawa laptop pasti sudah berkurang.

Dimensinya yang kecil tersebut jelas bakal memudahkan kita untuk menyelipkannya di dalam ransel ataupun koper. Terus, soal chargernya gimana? Tenang, charger untuk laptop ini juga tergolong ringkas, kecil dan ringan kok! Jadi nggak terlalu nambah beban banget kalau misalnya mau dibawa juga.

2. Produktif Dimana Saja & Kapan Saja

Saat harus menghadiri sebuah event di Jakarta bulan lalu, aku dapat jatah satu kamar hotel dengan seorang blogger dari Aceh, sebut saja namanya Bai. Dia ini adalah tipe orang yang harus mematikan semua lampu hingga nyaris gelap gulita saat ingin beristirahat.

Kebetulan, malam itu aku harus menyelesaikan deadline sebuah tulisan yang harus tayang esok pagi. Yang mana saat itu aku mengerjakannya hingga jam 2 dini hari. Untungnya, keyboard dari ASUS Vivobook Ultra A412 yang kugunakan sudah punya fitur lampu LED backlit.

Sehingga, aku tak perlu menyalakan lampu ruangan agar dapat mengetik dengan baik. Karena berkat fitur ini, semua tombolnya bisa terlihat sangat jelas meski dalam gelap.

Keyboard backlit ASUS A412Hadirnya fitur backlit keyboard ini membuatku tak harus mengganggu istirahat dari teman sekamarku tersebut. Coba kalau misalnya nggak ada fitur backlit, mungkin Bai bakalan gelisah tuh karena lampunya nggak dimatikan 😆🤣.

Kalau ditanya soal kenyamanan mengetik, yang aku rasakan adalah ia juga punya sedikit nilai plus. Bukan cuma karena tombolnya yang empuk, tapi ia juga punya fitur yang diberi nama ErgoLift.

ErgoLift adalah sebuah mekanisme yang membuat bagian bawah laptop menjadi sedikit terangkat hingga membentuk kemiringan pada keyboard sebesar 2° saat layarnya dibuka. Kemiringan yang dihasilkan ini membuat posisi tangan akan terasa lebih nyaman saat sedang mengetik.

ErgoLift ASUS Vivobook A412 RyzenTak cuma akan menambah kenyamanan, karena ErgoLift juga bakal membawa keuntungan lain dari sisi pendinginan laptop. Ruang ekstra yang dihasilkan akibat kemiringan tersebut, membuat sirkulasi udara yang dibutuhkan laptop untuk membuang panas akan menjadi lebih baik.

Efeknya, laptop akan terasa lebih adem, yang otomatis membuat performa jadi lebih stabil. Buat yang belum tau, salah satu faktor yang membuat performa laptop jadi menurun saat digunakan adalah akibat panas berlebih dari prosesor.

Fitur ini sebelumnya hanya bisa ditemukan pada Ultrabook kelas premium dari ASUS. Namun ASUS memutuskan untuk menggunakannya juga pada ASUS Vivobook Ultra A412DA.

Tak berhenti sampai disitu. Karena panel layarnya yang sudah dilengkapi dengan fitur Anti-Glare membuatnya terhindar dari kesan silau bahkan saat layarnya terkena cahaya matahari langsung.

ASUS A412 tidak silau layarnyaSeperti yang bisa kamu lihat, sinar matahari pagi yang mengarah ke layarnya tidak mengganggu tampilan pada layar ASUS Vivobook Ultra A412 ini.

Sudah pasti, fitur tersebut akan memanjakan kita sebagai pengguna karena tampilan pada layar dapat tetap terlihat sangat jelas tanpa harus repot mengubah dan menyesuaikan sudut layar.

Berkat perpaduan antara fitur backlit keyboard dengan layar Anti-Glare yang ada di laptop ini, yakin deh bakal siap ngerjain revisi kapan aja! Mau pagi, siang, atau malem, hajar aja! Nggak ada lagi alasan keyboard nggak keliatan karena gelap atau layar silau karena kena cahaya matahari. Kalau bisa cepat diselesaikan, otomatis jadi bisa cepat bersantai juga kan?!

Lalu buat kamu yang sering berkutat dengan aplikasi media editing, panel beresolusi Full HD (1920×1080 pixel) yang dimilikinya pastinya bakal membuatnya terasa semakin istimewa. Karena detail tampilan yang dikeluarkan bakal terlihat lebih tajam.

Resolusi layar ASUS A412 AMD RyzenKalaupun misalnya kamu tidak pernah berurusan dengan dunia editing foto ataupun video, ketajaman dari panel layar ini juga akan tetap terasa istimewa dalam urusan lain. Termasuk diantaranya saat memutar film drama korea favoritmu atau untuk membuka berbagai konten multimedia lainnya.

3. Performa Mumpuni

ASUS Vivobook Ultra A412DA adalah sebuah laptop tipis yang mengandalkan prosesor AMD Ryzen 3-3200U dan Ryzen 5-3500U. Prosesor ini merupakan generasi kedua dari AMD Ryzen mobile series.

Ia sudah menggunakan teknologi fabrikasi 12nm FinFET dengan arsitektur Zen Core yang menjanjikan performa responsif sekaligus tetap bisa efisien dalam penggunaan daya. Sebagai pelengkap, ia juga sudah didukung dengan grafis Radeon Vega 8. Hal ini akan membuatnya cukup mumpuni untuk urusan media editing.

AMD mengklaim bahwa grafis bawaannya tersebut bakal setara dengan kartu grafis diskrit. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa screenshot hasil benchmark nya:

Permintaan untuk revisi seringkali membuat kita harus menyimpan banyak copy’an file ganda. File-file tersebut biasanya merupakan hasil modifikasi dari file yang sebelumnya sudah dibuat. Karena ya kalau harus ngulang dari awal kan repot juga. Akan tetapi kebiasaan seperti ini bakal membuat penyimpanan menjadi lebih cepat penuh.

Nama draft revisiTapi kamu nggak perlu khawatir. Karena ASUS juga sudah membekalinya dengan storage HDD SATA berkapasitas 1TB agar kita dapat menyimpan banyak data pada laptop mungil tersebut.

Sedangkan untuk urusan multitasking, varian termurahnya sudah didukung dengan onboard RAM DDR4 2400Hz berkapasitas 4GB, atau 8GB untuk varian tertinggi. Kalau dirasa masih kurang, ia juga sudah dilengkapi dengan slot tambahan untuk upgrade RAM hingga 12GB kok.

Menariknya, walaupun dibanderol dengan harga yang terjangkau, ASUS Vivobook Ultra A412DA juga sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 original. Tidak seperti laptop murah lain yang biasanya dijual tanpa OS alias kosongan.

ASUS Vivobook Ultra A412DA cocok untuk petualangArtinya, kita tak perlu repot lagi untuk membeli dan menginstal OS secara terpisah, atau bahkan mungkin menginstal OS Windows bajakan. Ingat, itu ilegal loh!

Dengan kata lain, kita bisa langsung mengoperasikan laptop ini segera setelah kita membelinya. Entah kamu membelinya via online, ataupun melalui toko komputer di kotamu.

Salah satu hal yang bisa membuat kita risih saat harus membuka laptop di tempat umum adalah kalau ada teman usil yang coba mengintip password login laptop. Masih mending kalau usilnya cuma sebatas iseng ngintip.

Tapi kalau misal sampai nekat login tanpa ijin dan mencuri data pribadi? Bisa beda lagi urusannya. Untungnya, ASUS Vivobook Ultra A412 juga sudah dilengkapi dengan fingerprint scanner dibagian pojok kanan atas touchpad nya.

ASUS A412 ada fingerprint sensorSensor sidik jari ini sudah terintegrasi dengan Windows Hello. Jadi kalau misal ingin login saat membuka laptop, kita hanya perlu menyentuh sensornya saja. Membuatnya lebih praktis, lebih cepat, serta lebih aman.

Hadirnya fitur fast-charging yang sanggup mengisi daya baterai hingga 60% dalam waktu 49 menit adalah sebuah pelengkap yang makin memudahkan saat kita cuma punya waktu sejenak untuk singgah.

Yang terakhir, walaupun ia memiliki body yang ringkas dan juga tipis, ASUS Vivobook Ultra A412DA juga sudah punya konektifitas yang lengkap kok. Mulai dari USB 2.0, USB 3.1, USB Type-C 3.1, HDMI Port, hingga slot microSD card reader dan juga Bluetooth 4.2.

Konektivitas ASUS Vivobook A412 RyzenJadi kita tak perlu bingung kalau misal ingin menghubungkannya dengan berbagai perangkat lain.

Ultrabook Untuk Semua Kalangan

Jadi, nggak salah dong kalau aku menyebut ASUS Vivobook Ultra A412DA sebagai laptop yang cocok untuk para pejuang revisi? Segala fitur yang dimilikinya sangatlah ideal untuk mendukung produktifitas on-the-go. Dimana saja dan kapan saja.

Nyelip dalam koper kecil saat traveling, bisa. Mau dibawa keluyuran, nggak bikin cepet pegel. Mau dipake dalam keadaan terang atau gelap juga hayuklah! Kalaupun harus buru-buru mau nyalain laptop juga gampang. Karena selain bisa langsung dipakai beberapa detik setelah dinyalakan, login nya pun cuma perlu pakai satu sentuhan jari.

Udah gitu, harganya yang nggak heboh membuatnya bisa dijangkau oleh hampir semua kalangan. Fitur ideal, harga nggak mahal. Yang membuatnya unik, walau ia masuk kategori Ultrabook, A412DA juga hadir dalam berbagai pilihan warna untuk para kaum milenial agar bisa tampil gaya.

Pilihan warna ASUS A412DAJadi anak kuliahan atau anak sekolah juga lebih leluasa untuk memilih warna yang mereka suka. Nggak seperti Ultrabook pada umumnya yang nggak punya banyak pilihan warna. Kalau kamu, mau pilih yang warna apa?

Spesifikasi ASUS Vivobook Ultra A412DA

Processor AMD® Ryzen™ 5 3500U Processor
AMD® Ryzen™ 3 3200U Processor
Operating System Windows 10 Home
Memory 4 GB DDR4 2400MHz SDRAM Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 12 GB SDRAM

8 GB Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 12 GB SDRAM 

Storage 1TB 5400 rpm SATA HDD
Display 14.0″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC 
Graphics Radeon Vega 8
Radeon Vega 3
Input/Output 1 x COMBO audio jack, 1 x Type-A USB 2.0, 1 x USB 3.1 Type C port(s), 1 x Type-A USB 3.1 (Gen 1), 1 x HDMI, 1 x microSD slot card reader
Connectivity Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2×2)), Bluetooth® 4.2
Battery 2 -Cell 37 Wh Battery
Dimension 322 x 212 x 19.5 mm (WxDxH)
Weight 1.5 Kg with Battery
Colors Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, Coral Crush

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here