Home Info Lainnya Mau Naik Pesawat? Jangan Membawa atau Melakukan Hal Ini Ya!

Mau Naik Pesawat? Jangan Membawa atau Melakukan Hal Ini Ya!

0

Mau Naik Pesawat? Jangan Membawa atau Melakukan Hal Ini Ya! – Selain soal prosedur untuk naik pesawat, ada hal lain yang mesti kalian perhatikan agar perjalanan kalian dapat terbebas dari hambatan. Salah satunya adalah kalian harus tau apa saja yang tidak boleh dilakukan atau dibawa ke kawasan bandara dan juga ke pesawat.

Iya, kawasan bandara memang sangat ketat peraturannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan ketika pesawat sedang terbang, yang dikhawatirkan akan dapat memicu insiden yang bisa saja mengancam nyawa ratusan orang didalamnya.

Karena memang jika terjadi sebuah masalah kecil saja saat pesawat sedang terbang, maka akibatnya bisa sangat fatal. Sehingga pengamanan pun dilakukan sedini mungkin saat berada di kawasan bandara.

Nah untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya kamu mematuhi aturan untuk tidak melakukan atau tidak membawa barang-barang yang dilarang di kawasan bandara serta didalam pesawat.

1. Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan di Bandara & Pesawat

Hal pertama yang tak boleh dilakukan di area pesawat dan bandara adalah bercanda soal bom. Karena bercandaan macam ini bakal langsung membuatmu berurusan dengan petugas keamanan. Iya, walaupun cuma bercanda, pihak bandara nggak akan santai untuk menanggapi perkara yang satu ini. Di Indonesia sendiri sudah pernah beberapa kali ada kasus semacam ini.

Hal yang dilarang di pesawatYang kedua, kita tidak diperbolehkan untuk merokok didalam pesawat dan juga di area bandara yang sifatnya indoor. Kalau ini sih untuk kenyamanan bersama ya. Karena kan setiap orang berhak untuk menghirup udara segar. Jadi jangan kau paksa mereka untuk ikut menghirup asap rokokmu yang beracun itu.

Sementara kalau didalam pesawat, selain soal kenyamanan, larangan merokok juga merupakan prosedur keamanan. Kenapa? Pertama, sensor pada pesawat akan mendeteksi adanya kebakaran kalau terkena asap, termasuk asap rokok.

Lalu kamu juga dilarang untuk mematikan sensor asap didalam pesawat karena dapat sangat berbahaya. Kok bahaya? Ya kalau kamu cukup egois dan goblok untuk melakukan hal itu, lalu misalkan ada kebakaran beneran, maka akibatnya bisa amat sangat fatal bagi pesawat yang kamu tumpangi.

Penangangan yang terlambat bisa bikin kebakaran cepat membesar dan akibatnya .. Kamu bayangin sendiri aja deh. Selain itu, kabin pesawat adalah ruangan yang tertutup amat sangat rapat.

Dan manusia termasuk kamu, membutuhkan oksigen untuk dapat bernafas dan hidup. Jadi kalau kamu masih nekat merokok, maka asap rokokmu bakal terus berada didalam kabin dan bisa mengganggu pernafasan.

Benda yang tidak boleh dibawa ke pesawatKemudian yang ketiga adalah kita wajib untuk mematikan hape (atau minimal mengaktifkan airplane mode) selama penerbangan berlangsung.

Tujuannya adalah untuk mencegah terganggunya komunikasi antara pilot dengan pihak Air Traffic Controller (ATC), yang mana hal ini amat sangat penting agar kita terhindar dari tabrakan dengan pesawat lain. Untuk bahasan lebih jelas, coba deh nanti kamu baca posting soal kenapa kita harus mematikan hape didalam pesawat.

Intinya adalah benda-benda yang dapat memancarkan gelombang radio (Wi-Fi, jaringan selular dll) harus dinonaktifkan atau dimatikan fiturnya (menggunakan airplane mode).

PALING LAMBAT, kalian sudah harus melakukannya saat pesawat sudah mulai bergerak, serta baru boleh menyalakannya kembali setelah pesawat berhasil mendarat. Walaupun yaa sebenarnya sih aturannya adalah kita sudah harus mematikan hape saat sudah berada didalam pesawat dan baru boleh dinyalakan lagi saat sudah turun.

Tapi yaa tau sendiri lah rangorang kan kadang bandel. Asal jangan sampai kebangetan aja, karena walaupun sepele, resikonya ini bisa amat sangat besar.

2. Benda Yang Dilarang Untuk Dibawa ke Pesawat

Beberapa benda yang tak boleh dibawa saat akan terbang adalah benda-benda tajam termasuk gunting, cairan yang mudah terbakar termasuk diantaranya adalah korek gas dan juga aerosol (biasa kita temukan pada semprotan kemasan kaleng), dan juga buah durian.

Benda yang dilarang di bandaraKhusus untuk buah durian, konon katanya kita masih boleh membawanya asalkan di packing dengan sangat rapat hingga tidak berbau dan wajib untuk dititipkan di bagasi. Ini perlu dikonfirmasi ya, soalnya belum tau bener apa nggak.

Sebabnya adalah karena sebagian orang akan merasa terganggu dengan aroma durian yang kuat itu. Bahkan ada yang sampai mual-mual. Jadi untuk kenyamanan bersama, maka peraturan ini pun diberlakukan.

Oiya satu lagi, perkakas atau peralatan seperti palu, tang, obeng dll juga tak diperbolehkan ya. Apalagi kalau sampai bawa cat dalam ember. No no no, jangan coba-coba. Aku pernah melihat sendiri beberapa orang didepan antrianku yang membawa barang tersebut, dan terpaksa harus disita oleh petugas.

Sementara benda yang boleh dibawa tapi dibatasi jumlahnya adalah cairan, termasuk diantaranya adalah sabun cair, shampo, dan (mungkin) parfum. Soal parfum perlu di konfirmasi juga nih, soalnya aku sendiri nggak pernah bawa parfum tiap kali naik pesawat.

Kalau misal kamu ingin bawa sabun cair atau shampoo, bawalah yang kemasan paling kecil, atau kemasan yang lebih besar namun sudah dikurangi lebih dari setengah isinya. Jangan lupa, kamu harus membungkusnya dalam plastik sebelum dimasukkan kedalam tas atau koper.

Terus, gimana kalau powerbank? Apakah boleh? Saat ini sih masih boleh, namun sudah dibatasi maksimal 2 x 10.000 mAh. Lebih dari itu … Sepertinya harus ada persetujuan dari pihak maskapai penerbangan yang kamu pakai.

Nah yang nggak boleh adalah melakukan charging (ngecas) dengan powerbank, saat sedang berada didalam pesawat. Hal ini untuk menghindari resiko kebakaran seperti yang dulu pernah terjadi. Insiden itulah yang menyebabkan pembatasan dalam membawa powerbank.

Terus, buat yang nanya apakah boleh pakai sandal jepit atau nggak, jawabannya boleh, boleh banget. Aku sering kok terbang kemana-mana pakai sandal jepit doang karena emang nggak suka pakai sepatu.

Nah, itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dan tidak boleh dibawa ke dalam pesawat. Semua ini adalah demi menjaga kenyamanan dan keselamatan kita bersama. Jadi, tolong dipatuhi ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here