Home Info Lainnya Check-in Online Pesawat Garuda Indonesia? Nggak Sulit Kok!

Check-in Online Pesawat Garuda Indonesia? Nggak Sulit Kok!

0

Check-in Online Pesawat Garuda Indonesia? Nggak Sulit Kok! – Harus diakui bahwa kemajuan teknologi sudah banyak sekali membatu mempermudah kehidupan kita. Salah satunya adalah soal transportasi udara. Sebelumnya tentu kita sudah tau dan mungkin sudah terbiasa untuk memesan tiket pesawat secara online.

Beberapa tahun belakangan, sebuah inovasi baru sudah mulai diterapkan lagi. Salah satunya adalah sistem check-in online. Sistem ini sebenarnya sudah lama ada, tapi masih banyak orang yang belum bisa atau belum mau untuk memanfaatkannya. Bahkan tak sedikit yang ternyata tidak mengetahui bahwa sistem ini sudah benar-benar ada. Salah satu maskapai penerbangan yang sudah cukup lama menerapkan sistem ini adalah Garuda Indonesia.

Dan di posting ini, aku bakal membahas tentang cara atau langkah-langkah untuk melakukan check-in secara online pada maskapai kebanggaan rakyat Indonesia tersebut. Sebelum lanjut, kita mesti mengetahui terlebih dulu tentang syarat dan keuntugan dari sistem check-in online, khususnya pada maskapai Garuda Indonesia:

Maskapai Garuda Indonesia

Syarat

  • Check-in online Garuda Indonesia bisa dilakukan mulai dari 48 jam hingga paling lambat adalah 2 jam sebelum jadwal keberangkatan.
  • Check-in online nggak bisa dilakukan kalau misalnya kita membawa bayi berusia dibawah 2 tahun yang tidak menempati tempat duduk.
  • Check-in online juga tidak tersedia untuk penumpang yang membutuhkan bantuan khusus di bandara. Termasuk ibu hamil, penumpang yang butuh kursi roda, anak dibawah 12 tahun yang bepergian sendiri, serta kebutuhan khusus lainnya.
  • (PENTING) Satu kode booking (booking reference) hanya bisa melakukan satu kali check-in online. Artinya, jika dalam satu kode booking ada beberapa nama penumpang, maka kesemua penumpang itu disarankan untuk melakukan check-in online secara bersama-sama. Karena jika ada salah satu penumpang yang tak disertakan saat check-in online, maka penumpang tersebut hanya bisa melakukan check-in di bandara.
  • Jika dalam satu kode booking terdapat 9 orang (atau lebih) penumpang, maka mereka diwajibkan untuk melakukan check-in di bandara.

Syarat tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, dan untuk lebih lengkapnya bisa cek keterangan pada web Garuda Indonesia pada saat check-in nanti. Bakal ada penjelasannya juga kok 😉.

Keuntungan

  • Gak perlu harus buru-buru banget kalau mau ke bandara karena sudah check-in. Kecuali, kalau kamu bawa bagasi ya!
  • Soal boarding pass gimana? Biasanya sih ada dua opsi. Pertama, kita bisa cetak di counter untuk penumpang tanpa bagasi. Kedua, kita juga bisa pakai mesin self check-in yang ada di bandara (jika ada).
  • Terus, apakah bisa pilih tempat duduk di pesawat? Jawabannya: bisa banget! Inilah salah satu hal yang paling dicari saat check-in online. Udah gitu, kita nggak perlu bayar lagi alias tanpa biaya tambahan!

Nah setelah tau syarat dan keuntungannya, sekarang saatnya kita bahas soal prosedur dan langkah-langkah saat melakukan check-in online.

1. Pertama-tama, pastikan kamu sudah menerima e-ticket untuk booking penerbanganmu ya! Lalu akses website resmi Garuda Indonesia. Setelah halaman website nya terbuka, pilih menu check-in dan kemudian centang keterangan yang ada setelah kamu membaca syarat dan ketentuannya.

Cara cek in online garuda indonesiaNggak banyak kok, baca aja dulu. Siapa tau penting buat kamu. Setelah itu klik tombol “Lanjutkan”. Catatan: Kalau kamu mengakses via pc atau laptop, menu check-in bakal bisa kita temukan di sebelah kiri halaman.

2. Selanjutnya, pilih tanggal berapa kamu akan berangkat. Kemudian, masukkan kode Booking reference atau Ticket number yang terdapat pada e-ticket yang sudah kamu terima saat memesan tiket secara online.

Check-in online garuda indonesia3. Kalau sudah, kamu akan masuk ke halaman pemberitahuan dan peringatan soal benda apa saja yang tidak boleh dibawa saat naik pesawat. Centang pilihan yang ada dibawah sebagai tanda bahwa kamu sudah memahaminya, lalu pilih Continue.

4. Jika misalnya kamu memesan tiket untuk lebih dari satu orang secara bersamaan, maka setelah kamu memasukkan nomor booking reference, akan muncul semua nama penumpang yang sudah dipesankan tersebut.

Sekali lagi perlu aku ingatkan. Bahwa jika demikian, maka sebaiknya kamu melakukan check-in untuk semua nama penumpang tersebut (dengan mencentang namanya). Karena jika tidak, nantinya nama penumpang yang tidak dicentang atau tidak disertakan saat check-in online hanya akan bisa melakukan check-in di bandara.

Prosedur check in online garuda indonesiaPastikan bahwa nama-nama calon penumpang sudah tertera dengan benar ya. Disini sistem akan secara otomatis memilihkan tempat duduk buat kita. Nah kalau misalnya kita ingin memilih sendiri tempat duduknya, kita bisa klik menu Change seats, seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas.

5. Perhatikan gambar dibawah ini. Kursi yang sudah bertanda “X”, artinya tidak tersedia atau sudah dipesan oleh orang lain. Jadi kita hanya bisa memilih kursi yang masih berstatus jomblo available ya!

Memilih tempat duduk saat cek in onlineKalau kamu perhatikan lagi, pada menu disebelah kanan juga ada tombol panah untuk melihat ketersediaan kursi yang ada didepan maupun belakang. Jika sudah memilih, klik tombol Confirm seats.

6. Setelah itu, kamu akan kembali ke langkah nomor 4. Silakan cek kembali dan klik tombol Confirm check-in jika semuanya sudah benar.

Jika semua berjalan dengan semestinya, maka status penumpang bakal berubah menjadi Checked-in, yang artinya kita sudah berhasil melakukan check-in.

Cetak boarding pass check-in onlineKamu bisa memilih untuk menerima boarding pass via sms, e-mail, ataupun kamu bisa langsung melakukan printing. Kalau aku pribadi sih lebih memilih untuk menerima via e-mail. Dan nanti di bandara aku bakal mencetak boarding pass tersebut di mesin self check-in atau di counter check-in.

7. Setelah mengklik tombol continue, akan muncul beberapa pemberitahuan penting mengenai detail yang harus kamu tau. Diantaranya adalah kapan batas akhir bagimu untuk menitipkan bagasi (jika ada), serta di terminal mana keberangkatanmu akan dilakukan.

Hal ini penting banget supaya kamu nggak nyasar kalau misal bandaranya sangat besar dan luas seperti di Bandara Soekarno-Hatta.

Keterangan saat cek in onlineSelesai! Sekarang kamu tinggal menunggu saat keberangkatanmu tiba. Contoh prosedur yang disebutkan disini adalah untuk penerbangan domestik ya. Dan entah apakah prosedurnya akan berbeda jika kita melakukan penerbangan internasional.

Sekali lagi aku ingatkan bahwa kita hanya diperbolehkan untuk membawa satu barang bawaan untuk masuk ke bagasi kabin. Itupun ukurannya terbatas ya. Silakan baca halaman yang membahas soal koper atau barang yang bisa dibawa masuk ke kabin pesawat. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here