Home Info Lainnya Cara Menitipkan Barang di Bagasi Pesawat

Cara Menitipkan Barang di Bagasi Pesawat

0

Cara Menitipkan Barang di Bagasi Pesawat – Seperti yang sudah aku bahas sebelumnya, kita hanya boleh membawa barang dengan ukuran dan berat yang sudah ditentukan jika ingin membawanya masuk ke bagasi kabin. Sementara barang-barang lain yang ukurannya besar, wajib dititipkan ke bagasi yang ada di perut pesawat.

Nggak usah bingung atau takut repot, karena nanti akan ada petugas khusus yang akan memasukkan barang bawaan kita ke dalam bagasi tersebut. Jadi bukan kita sendiri loh ya yang harus membawa barang-barangnya ­čść.

Nah di posting kali ini, aku akan memberi sedikit penjelasan soal prosedur tentang bagaimana cara menitipkan koper dan bawaan kita yang lain ke bagasi pesawat. Sekaligus juga nanti akan kujelaskan bagaimana cara mengambil kembali barang yang sudah kita titipkan tadi.

Prosedur Menitipkan Barang ke Bagasi Pesawat

Sebelumnya, kalian mesti memastikan dulu apakah tiket pesawat yang AKAN (belum) kalian pesan via online sudah termasuk gratis bagasi atau tidak. Biasanya, kita bisa mengetahuinya dari keterangan di bagian “bagage” atau icon koper pada tiket. Atau kalian bisa cek di bagian “keterangan lanjutan” pada list tiket yang tersedia (bisa berupa tanda panah, titik-titik, atau semacamnya).

Cara menitipkan koper di bagasi pesawatKarena terkadang, keterangan bagasi ini bakal tersembunyi disana. Tergantung di situs mana kalian membeli tiketnya. Jika ada keterangan misalnya 15kg, maka itu artinya kalian bakal mendapatkan bagasi gratis seberat 15 kilogram. Namun jika ternyata tertulis 0kg atau tak ada keterangannya, bisa jadi kalian harus membayar biaya tambahan untuk bagasi.

Perhatikan gambar diatas ya. Itu adalah contoh keterangan sebelum memesan tiket pesawat. Yang harus kalian perhatikan adalah bagian “Bagage”. Sedangkan jika keterangannya adalah cabin bagage maka itu adalah bagasi kabin, yang mana memang semua maskapai penerbangan pasti memberikannya secara gratis.

Nah jika ternyata tiket yang akan dipesan itu tak menyediakan bagasi gratis, maka sebaiknya kalian membeli jatah bagasi di bersamaan dengan pemesanan tiket agar kalian bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Karena kabarnya, biaya bagasi tambahan bakal lebih mahal jika kita membelinya pada saat check-in.

Harga dari bagasi ini sendiri bisa bervariasi, tergantung kemana tujuan kita dan maskapai apa yang kita gunakan. Ada yang hitungannya per kilogram, ada pula yang hitungannya per 5 kilogram. Nah jika sudah membeli bagasi sesuai kebutuhan, maka kita bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Di Bandara

Pastikan kalian sudah membawa e-ticket ya, bisa berupa kertas print, atau bisa juga berupa file yang ditampilkan via hape. Di counter check-in, kalian bisa meletakkan barang-barang bawaan disamping petugas, untuk ditimbang beratnya.

Cara menitipkan barang di bagasi pesawatKalau beratnya sudah sesuai dengan jatah bagasi yang kalian punya, maka petugas akan langsung mencetak dan menempelkan stiker ke masing-masing barang yang ditimbang tadi. Pastikan stiker keterangan bagasi kalian juga sudah ditempelkan di boarding pass ya.

Selanjutnya, petugas bakal menangani barang yang dititipkan tadi dan kalian bisa melanjutkan prosedur untuk naik pesawat seperti biasa.

CATATAN : Pastikan bahwa kalian tidak membawa barang-barang yang dilarang ya. Pastikan juga bahwa tidak ada barang berharga (uang, perhiasan, alat elektronik lainnya) di dalam koper yang kalian titipkan di bagasi. Karena selain rawan rusak akibat benturan, barang-barang tersebut juga rawan hilang. Ini sudah banyak kejadiannya.

Setelah Mendarat

Untuk dapat mengambil barang bawaan yang dititipkan di bagasi pesawat, kamu mesti mengikuti petunjuk arah menuju bagian “klaim bagasi” setelah keluar pesawat.

Cara mengambil bagasi pesawatIngat stiker di boarding pass yang sempat kusebut tadi? Nah stiker tersebut akan berguna untuk mencocokkan barang bawaan kita agar tidak tertukar dengan milik orang lain.

Di bandara besar, biasanya akan ada beberapa baris carousel untuk pengambilan bagasi. Dan akan ada nomor serta layar pada masing-masing carousel. Layar ini bakal menunjukkan keterangan nomor penerbangan. Carilah carousel yang sesuai dengan nomor penerbanganmu ya!

Bagasi transit pesawatSelanjutnya, kita cuma perlu menunggu barang bawaan kita disana.

CATATAN : Jangan buang boarding pass atau stiker yang menempel disana karena nanti, stiker yang ada di boarding pass dan juga yang menempel pada barang bawaan kita akan dicocokkan oleh petugas. Hal ini untuk menghindari resiko #KoperYangTertukar atau resiko pencurian koper (atau barang lainnya).

Jika ternyata kamu melakukan penerbangan dengan transit, bisa jadi prosedurnya akan sedikit berbeda. Yang jelas, jangan malu untuk bertanya jika ternyata kamu merasa bingung atau tersesat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here