Pesan Tiket Bus Damri Lebih Mudah Dengan Damri Apps

Pesan Tiket Bus Damri Lebih Mudah Dengan Damri Apps – Saat berniat untuk melakukan perjalanan dari Denpasar menuju Metro Lampung melalui jalur darat, saya menemukan bahwa tak ada opsi untuk bisa melakukan perjalanan direct. Sehingga, nantinya saya terpaksa harus melakukan transit di Jakarta, sebelum bisa melanjutkan perjalanan ke Metro, Lampung.

Untuk opsi transportasi darat dari Denpasar ke Jakarta sih terbilang cukup banyak. Dan saya memutuskan untuk naik bus Safari Dharma Raya, yang ceritanya sudah saya publish pada posting sebelum ini. Sementara untuk opsi transportasi darat dari Jakarta menuju ke Lampung, saya hanya menemukan hanya satu pilihan yaitu menggunakan Bus Damri.

Seorang teman yang berpengalaman memberitahu saya, bahwa untuk bisa membeli tiket bus Damri Jakarta-Lampung tersebut adalah dengan datang langsung ke Stasiun Gambir. Tentu hal itu tidak memungkinkan dong bagi saya yang tinggal jauh dari Jakarta? Kalaupun harus beli pada hari H, saya khawatir nanti malah tak kebagian tiket.

Saya pun coba mencari cara beli tiket bus Damri secara online. Hingga akhirnya, saya menemukan online app (untuk Android) resmi dari Damri dan kemudian langsung menginstall nya. Dengan online app ini, kita tak hanya bisa melakukan pemesanan tiket, tapi juga bisa melihat jadwal keberangkatan bus Damri, serta melakukan pengecekan rute mana saja yang dilayani oleh bus Damri.

Nah, di posting kali ini, saya akan membahas soal tutorial singkat mengenai cara pesan bus Damri online melalui aplikasi resminya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Download dan install Damri Apps resmi di Google PlayStore (Android). Untuk iOS, sepertinya belum ada.

2. Kemudian, pilih menu Daftar untuk membuat akun (kalau belum punya). Isi nama lengkap, username (untuk login nanti), dan semua yang diminta dalam menu tersebut.

Daftar damri apps3. Setelah selesai, nantinya kamu akan menerima email yang berisi nomor kode verifikasi untuk dapat mengaktifkan akun milikmu dan menggunakan Damri Apps. Jadi, pastikan email yang kamu masukkan dalam daftar tadi masih aktif ya!

Kalau sudah dapat email, masukkan kode tersebut.

4. Selanjutnya, barulah kamu bisa login menggunakan akun yang baru saja kamu buat tadi.

5. Menu utama yang ditampilkan dalam aplikasi ini adalah seperti pada gambar dibawah. Kita bisa memilih diantara tiga layanan utama. Yaitu Bus Bandara, Antar Kota, dan juga Kawasan Pariwisata.

Menu utama damri apps6. Dalam contoh ini, saya ingin melakukan pembelian tiket rute Jakarta-Metro Lampung. Maka, saya harus klik menu Antar Kota, mengisi kolom “Asal” (berangkat dari) dan memilih Stasiun Gambir, lalu mengisi kolom “Tujuan” dan memilih Metro untuk mencari tiket yang tersedia.

Cara pesan tiket bus damri onlineJangan lupa untuk mengubah tanggal keberangkatan dan juga jumlah penumpang, sesuai dengan keinginanmu. Kalau sudah, klik tombol “Cari Tiket”.

7. Disana akan muncul berbagai pilihan jadwal bus Damri yang tersedia, lengkap dengan kelas, harga, dan juga jumlah kursi yang tersedia.

Jadwal bus damri jakarta lampung8. Saat kamu klik salah satu dari daftar jadwal bus yang tersedia tersebut, maka aplikasi akan menampilkan info detail fasilitas bus. Tapi jangan terkecoh ya! Fasilitas “rest area” yang tertera disana bukan berarti kita bakal mendapat jatah makan gratis.

Beli tiket damri via app onlineKlik “Pesan Bus” kalau sudah cocok dengan harga dan jadwalnya.

9. Selanjutnya adalah verifikasi pesanan. Ia akan kembali menampilkan jadwal keberangkatan bus, dan kamu harus memasukkan detail nama lengkap serta nomor identitas penumpang yang akan menaiki bus tersebut. Kalau sudah, klik menu Pilih Kursi.

Cara menggunakan damri apps10. Kursi yang tersedia adalah yang berwarna putih. Tinggal klik saja salah satunya untuk memilih dimana kamu ingin duduk.

Booking tiket damri via online appsTapi, kalau misal sisa kursi yang tersedia tinggal sedikit, biasanya kita tidak akan bisa memilih kursi dan melakukan pemesanan via apps. Karena mungkin jatah kursi yang disediakan disini juga dibatasi. Sehingga, kalau kamu ingin memesan kursi yang tersisa untuk jadwal keberangkatan yang hampir penuh tersebut, kamu harus datang dan memesan langsung tiketnya di loket Perum Damri (untuk rute Jakarta-Lampung, loketnya bisa ditemukan di Stasiun Gambir).

11. Kalau sudah, klik panah putih yang berada di sebelah kiri atas layar, lalu pilih Verifikasi Data dan lanjut ke pembayaran.

12. Metode pembayaran yang disediakan bisa menggunakan kartu kredit, bank transfer (untuk saat ini hanya tersedia Bank Mandiri), LinkAja, dan juga Gopay. Oleh karena saya tak punya rekening Bank Mandiri, maka saya lebih memilih untuk menggunakan Gopay.

Eits, pastikan bahwa saldo Gopay yang tersedia di akunmu sudah cukup untuk melakukan pembayaran ya! Karena nanti, aplikasi akan langsung menghubungkan ke Gopay untuk verifikasi pembayaran.

13. Nah kalau pembayaran sudah berhasil dilakukan, maka E-ticket pun akan segera muncul di aplikasi. Untuk melihat tiket yang sudah kamu pesan, kamu bisa kembali ke halaman awal aplikasi, dan pilih menu Pesanan yang berada di bagian bawah layar.

Nanti saat akan berangkat, tunjukkan detail tiket tersebut kepada petugas di loket untuk mencetak tiket.

Selesai! Itulah cara beli tiket bus Damri secara online. Oiya, selain untuk pembelian, apps ini juga bisa dimanfaatkan untuk melihat jadwal bus Damri. Klik saja menu Trayek pada halaman awal aplikasi.

Saya juga akan menceritakan pengalaman saya ketika melakukan perjalanan dari Jakarta menuju ke Metro Lampung (dan sebaliknya) pada posting berikutnya. Semoga bermanfaat!

Mas Pandu
Suka foto, tapi agak kurang narsis | Pengagum alam, tapi bukan alay | Also known as Mas Bocah