Home Info Lainnya Mudahnya Menggunakan Mesin Self Check-in Di Bandara

Mudahnya Menggunakan Mesin Self Check-in Di Bandara

0

Mudahnya Menggunakan Mesin Self Check-in Di Bandara – Kalau kamu berencana untuk naik pesawat tanpa membawa bagasi, bisa jadi nanti kamu akan berhadapan dengan mesin self check-in alias mesin untuk melakukan cek-in tanpa bantuan dari petugas seperti biasanya.

Mesin self check-in ini bentuknya mirip dengan mesin ATM serta dilengkapi dengan layar sentuh. Dan biasanya, ia ditempatkan tidak jauh dari counter-counter check-in yang tersedia. Sejauh yang aku tau sampai postingan ini dipublikasikan, saat ini hanya ada beberapa maskapai penerbangan yang menggunakan mesin tersebut.

Bahkan sebagian diantaranya akan mengarahkan para penumpang yang tidak berencana menitipkan bagasi, untuk menggunakan mesin tersebut jika ingin melakukan check-in.

Ya mungkin sebagai bentuk efisiensi untuk menggantikan counter “non baggage check-in” kali ya? Apapun alasannya, tapi memang hadirnya mesin ini membuat kita tidak harus ikut menunggu antrian dari penumpang lain yang membawa bagasi. Plus, mesin ini juga berguna untuk mencetak boarding pass bagi kita yang sudah melakukan check-in online sebelumnya.

Nah buat kamu yang ingin tau cara menggunakan mesin self check-in di bandara, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang bakal kutuliskan dibawah ini supaya kamu nggak bingung dan bisa mengoperasikannya dengan benar.

Cara Menggunakannya

Cara menggunakan mesin check-in bandaraNggak sulit sebenarnya untuk mengoperasikan mesin self check-in. Yang harus kamu perhatikan nanti adalah bagian booking reference atau ticket number yang terdapat pada e-ticket yang sudah kamu terima (jika beli secara online).

Pada contoh foto diatas, aku melakukan check-in untuk maskapai Garuda Indonesia. Tapi tenang, harusnya sih proses atau langkah-langkahnya nggak jauh beda dengan maskapai lain seperti misalnya Air Asia atau yang lainnya.

1. Kalau misalnya tak ada antrian pada mesin tersebut, biasanya ia akan menampilkan semacam “screen saver” seperti pada contoh foto diatas. Sentuh aja layarnya, dibagian mana aja bebas.

Setelah itu, ia akan menampilkan tombol dengan logo untuk memilih maskapai. Klik logo pesawat yang bakal kamu tumpangi (misalnya, Garuda Indonesia).

2. Layar akan menampilkan peringatan soal barang-barang apa saja yang nggak boleh dibawa masuk ke pesawat. Lalu klik tombol i have read and blablablabla” yang ada dibawahnya, lalu pilih continue.

3. Setelah itu, mesin akan menampilkan beberapa pilihan untuk melakukan check-in. Kalian bisa memilih menu “Booking reference” atau “Ticket number”. Aku sih biasanya memilih Booking reference. Detail soal perbedaan antara kedua pilihan ini bakal ku bahas dibawah yaa.

4. Nah sekarang, ketikkan nomor dan angka dari Booking reference atau Ticket number yang tertera pada e-ticket yang kamu terima (tergantung kamu pilih yang mana).

Cara cek in mandiriKalau sudah, klik continue.

5. Kalau misalnya kamu memesan tiket untuk kamu sendiri, maka yang tampil disana adalah nama kamu saja. Pastikan namanya sudah benar ya. Tapi kalau misal kamu memesan tiket untuk beberapa orang sekaligus, maka yang muncul adalah nama-nama calon penumpang yang kamu pesankan tiketnya secara bersamaan.

Nah disini kamu bakal bisa memilih untuk check-in dan mencetak boarding pass untuk siapa-siapa aja. Kalau misal semuanya sudah datang di bandara bersamamu, yasudah pilih semua aja biar cepet. Lalu, kalau misal sebelumnya kamu belum melakukan check-in online, maka kamu bisa memilih tempat duduk dengan mengklik tombol “change seat”.

Kalau sudah, silakan cek kembali apakah nama-nama yang tertera sudah benar, lalu klik confirm check-in untuk mengkonfirmasi.

6. Selesai! Boarding pass akan dicetak dan kamu sudah bisa melakukan prosedur selanjutnya seperti biasa. Gampang, kan?

Oiya lanjutan soal yang tadi. Kalau misal kamu memesan sendiri tiket pesawat melalui situs online dan memilih untuk menggabungkan semua nama penumpang dalam satu tiket, maka nggak ada bedanya kalau misal pada langkah nomor 3 kamu memilih menu “booking reference” atau “ticket number”.

Tapi, kalau misal kamu memesan di travel agent ATAU memesan sendiri via online untuk beberapa orang dalam waktu bersamaan, dan memilih untuk memisahkan masing-masing tiket untuk tiap penumpang (agar masing-masing orang bisa menerima via email mereka dan memegang tiketnya sendiri-sendiri), maka langkah nomor 3 itu bisa berbeda tampilannya.

Jika demikian, nama-nama semua penumpang yang dipesan dalam waktu bersamaan itu, bakal ditampilkan semua jika kamu memilih menu Booking reference pada langkah nomor 3. Ini berguna kalau misalnya kamu ingin melakukan cek-in bersama dengan penumpang lainnya.

Tapi kalau misal kamu memilih ticket number, maka nanti nama yang muncul saat melakukan check-in adalah hanya namamu sendiri saja. Mohon dikoreksi kalau salah ya. Oke, segitu aja. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here