Home Bali Ini Dia Oleh-oleh Khas Bali Yang Wajib Dibawa Pulang!

Ini Dia Oleh-oleh Khas Bali Yang Wajib Dibawa Pulang!

200
0
SHARE

Ini Dia Oleh-oleh Khas Bali Yang Wajib Dibawa Pulang! – Belum lengkap rasanya jika tak membawa oleh-oleh setelah berlibur. Yaps, itulah satu hal yang menjadi kebiasaan bagi orang Indonesia.

Daftar oleh-oleh khas BaliUniknya, oleh-oleh yang dibawa, terkadang malah lebih banyak ketimbang barang bawaan utama. Hal ini karena rata-rata akan membawakan oleh-oleh untuk banyak orang termasuk keluarga, tetangga, atau mungkin pacar dan juga para mantan.

Kalau kamu berkunjung ke Bali, kamu akan bisa memilih berbagai jenis oleh-oleh berupa barang ataupun makanan. Nah saking banyaknya, disini mungkin mimin hanya akan menyebutkan 10 oleh-oleh yang paling populer atau yang paling banyak diminati. #HayukLah, langsung kita cek aja! 😀

1. Kacang Bali (Kacang Asin & Kacang Kapri)

Oleh-oleh kacang asin bali
Sumber: Wikipedia

Kacang merupakan salah satu cemilan yang paling banyak diburu untuk dijadikan oleh-oleh dari Bali.

Yang paling populer adalah kacang asin yang masih memiliki lapisan kulit ari, serta kacang kapri.

Sebenarnya, kacang kapri yang disebutkan disini bukan benar-benar kacang kapri. Ia merupakan sejenis kacang tanah, dengan ukuran biji lebih besar yang biasanya sudah diolah hingga memiliki rasa yang gurih dan renyah. Selain itu, ada juga kacang koro yang bisa dijadikan pilihan alternatif.

2. Kacang Disco

Kacang disco bali
Sumber: Wikipedia

Masih bertemakan kacang, cemilan yang satu ini juga menjadi salah satu incaran bagi wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Ia dikenal sebagai kacang disco, yang sejatinya merupakan kacang tanah yang diberi beberapa bahan tambahan yang menyelimuti kacang, sehingga membuatnya lebih crispy.

Mimin kurang paham mengapa ia dinamakan demikian, dan entah apa motivasi dari sang penciptanya, hingga menamakannya sebagai kacang disco #MikirKeras

3. Kerupuk Kulit (Rambak) Babi

Rambak babi oleh-oleh BaliSelain kacang, Bali juga terkenal dengan makanan non-halal nya. Salah satunya, adalah makanan olahan babi.

Orang lokal mengolah kulit babi untuk dijadikan kerupuk kulit, atau dikenal juga sebagai rambak (rambak babi).

Biasanya, makanan macam kerupuk kulit ini akan dikonsumsi sebagai cemilan, ataupun sebagai pelengkap hidangan utama. Selain kulit babi, terdapat juga olahan berupa kerupuk kulit ceker ayam yang terkadang bisa juga kita temui di Bali, dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

4. Kopi Bali

Kopi kintamani oleh-oleh bali
Sumber: Pixabay.com

Selain keindahan alamnya, Bali juga dikenal sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik.

Ya, kopi jenis arabica dari Bali memang sudah cukup terkenal. Konon, pengasil kopi terbaik yang ada di pulai ini terletak di daerah Kintamani.

Hal ini dikarenakan tumbuhan kopi yang ditanam disana, letaknya berdekatan dengan pohon jeruk, sehingga akan memiliki rasa yang unik. Tetapi, kalaupun kita lupa atau tak sempat membeli kopi langsung dari Kintamani, kita tetap bisa menemukannya dijual di tempat belanja oleh-oleh yang tersebar di sekitaran Denpasar.

5. Pie Susu

Pie susu oleh-oleh Bali
Sumber: dessyana.wordpress.com

Cemilan yang satu ini merupakan salah satu makanan atau cemilan yang paling diburu oleh wisatawan ketika berkunjung ke Bali.

Rasanya yang manis membuatnya digemari oleh berbagai kalangan. Porsinya yang hanya beberapa gigitan itu juga membuatnya semakin cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan karena akan lebih mudah untuk membawa serta membagikannya.

Saat ini ada cukup banyak brand pie susu yang beredar di Bali. Cemilan ini tersedia dalam berbagai varian seperti coklat, keju, atau yang lainnya.

6. Pia Legong

Pia Legong oleh-oleh Bali
Sumber: doyankuliner.com

Sebenarnya, Pia Legong merupakan sebuah brand dari jajanan yang diproduksi di Bali.

Namun entah sejak kapan, brand ini begitu melekat dan dikenal sebagai salah satu oleh-oleh yang dari Bali yang cukup terkenal.

Produksi Pia Legong sangat terbatas, dan mereka tidak membuka cabang selain yang berada di pinggir jalan By Pass Ngurah Rai, tepatnya diantara jalan dari Mall Bali Galeria menuju ke Bandara. Sediakan waktu lebih untuk membelinya langsung di retail resminya, atau bisa juga membeli di tempat lain jika kamu enggan mengantri lama.

7. Kerajinan Perak

Kerajinan perak Bali
Sumber: IG @cksjewelry instagram.com/cksjewelry/

Selain makanan, terdapat pula pilihan oleh-oleh berupa barang yang bisa dibawa dari Bali, salah satunya adalah kerajinan perak.

Di area sekitaran Celuk, Gianyar, terdapat cukup banyak pengrajin perak yang bisa kita temukan di sepanjang jalan kenangan.

Biasanya, tak hanya perhiasan saja, akan tetapi mereka juga membuat berbagai model barang untuk souvenir yang dibuat dari perak. Cukup banyak wisatawan yang meluangkan waktu lebih untuk mencari souvenir berupa perak dari Gianyar, Bali.

8. Kain & Baju Bali

Baju kain Bali sebagai oleh-oleh
Sumber: bajubalibarong.blogspot.co.id

Kaos atau baju Bali juga sering kali diincar tak hanya sebagai oleh-oleh, tetapi biasanya juga akan dipakai oleh para wisatawan untuk berjalan-jalan keliling Bali.

Wisatawan asing sangat suka dengan “kaos bali” karena menggunakan bahan yang sejuk, sehingga sangat cocok untuk digunakan berpergian terutama saat cuaca panas.

Tak hanya berbentuk kaos, akan tetapi banyak juga pedagang yang menjual berupa kain untuk dijadikan selendang, selimut, atau menutupi kaki untuk menghindarkan dari sengatan matahari saat sedang menggunakan celana yang kurang bahan super pendek.

9. Batik Bali

Batik Bali sebagai oleh-oleh
Sumber: IG @batikembos_ga instagram.com/batikembos_ga

Bali juga memiliki motif batiknya sendiri. Kain batik memang sudah sering kali dijadikan sebagai oleh-oleh dari berbagai daerah, termasuk di Bali.

Kain batik Bali ini biasanya akan cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar membuat kemeja.

Di Bali sendiri, batik ini juga seringkali digunakan oleh perusahaan-perusahaan sebagai seragam bagi karyawannya di hari tertentu, mulai dari instansi pemerintahan, hingga perusahaan swasta.

10. Joger

Joger Bali
Sumber: jogerjelek.com

Sebenarnya, Joger juga merupakan sebuah brand yang kemudian menjadi amat sangat dikenal oleh para wisatawan.

Produk yang mereka jajakan ada beraneka ragam, mulai dari kaos, topi, sendal, hingga pernak pernik lainnya.

Yang membuat produk mereka diminati adalah kata-kata yang tersemat dalam tiap-tiap produk, yang terkadang bisa membuat orang tersenyum ketika membacanya. Maka, tak heran jika Joger mem-branding dirinya sebagai “pabrik kata-kata”.

BACA JUGA : Mau Ke Bali? Kamu Harus Tau Beberapa Hal Ini!

Nah, itulah beberapa daftar oleh-oleh yang populer dan paling banyak diminati di Bali. Jadi, kamu mau pilih yang mana nih? Soal harga sih tergantung yaa. Yang jelas, daftar diatas itu sudah mencakup dari yang paling murah hingga yang paling mahal kok! 😀

Silakan jelajahi blog HayukLah.com untuk mendapatkan update info menarik lainnya. Jangan lupa like dan follow akun IG kita @hayuklah yaa! Semoga bermanfaat! 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here