Home Info Lainnya Kenapa Kita Harus Sampai di Bandara 2 Jam Sebelum Jadwal?

Kenapa Kita Harus Sampai di Bandara 2 Jam Sebelum Jadwal?

0

Kenapa Kita Harus Sampai di Bandara 2 Jam Sebelum Jadwal? – Salah satu prosedur naik pesawat yang harus kita perhatikan adalah soal kapan kita harus tiba di bandara. Iya, dalam berbagai kesempatan yang ada, himbauan untuk datang setidaknya dua jam sebelum jadwal penerbangan memang yang paling sering digaungkan.

Tapi mungkin sebagian dari kita bakal berpikir, apakah itu tidak terlalu lama? Dalam arti, kenapa kita harus datang sangat awal? Toh nantinya kita bakal menunggu lagi, kan?

Pertanyaan tersebut juga sempat aku pikirkan ketika dulu waktu aku masih sangat pemula dalam memanfaatkan alat transportasi udara. Kalau sekarang? Terlalu sombong sih kalau menyebut diri ini “expert”. Jadi ya, sebut aja “sudah paham” lah. Hehe.

Ternyata, himbauan tersebut punya beberapa alasan yang kuat loh. Yang intinya adalah agar kita tidak ketinggalan pesawat.

Agar Tidak Ditinggal Pesawat

Bandara I Gusti Ngurah Rai BaliYa masa harus dua jam lebih awal sih? Iya, sebenarnya ini hanyalah himbauan sih. Karena sesungguhnya, kita masih bisa melakukan check-in selambat-lambatnya adalah 45 menit sebelum jadwal keberangkatan. Jadi sebenarnya kita boleh datang ke bandara 1 jam sebelum jadwal.

Tapi …

Itu kalau semua berjalan lancar loh ya! Karena pada kenyataannya, jika kita tiba di bandara 1 jam sebelum jadwal pun itu sudah termasuk terlalu mepet. Kenapa? Karena ya kita juga pasti butuh waktu dong untuk berjalan ke counter check-in?

Itu juga belum termasuk antre untuk security check, dan juga antre saat akan melakukan check-in. Ya kalau misal kamu sudah melakukan check-in online dan nggak berencana buat nitip barang di bagasi sih nggak masalah ya. Masih terkejar lah itu kalau kita tiba di bandara 1 jam sebelum jadwal.

Karena kita bisa langsung cetak boarding pass di mesin self check-in, terus lanjut deh jalan ke ruang tunggu. Itupun, kalau di bandara tempatmu berangkat sudah ada mesinnya.

Di beberapa bandara, kita bahkan harus berjalan kaki cukup jauh kalau misal kita datang diantar menggunakan sepeda motor. Jelas, ini juga bakal makan waktu. Terus kalaupun kamu diantar pakai mobil tapi bawa bagasi, ya sama aja. Proses buat nurunin bagasi dari mobil juga butuh waktu, kan? Apalagi kalau bagasinya banyak.

Dan jelas, untuk bisa menitipkan bagasi, kita harus mengantri. Sedangkan batas waktu penitipan bagasi itu adalah 45 menit sebelum jadwal keberangkatan. Sekarang muncul lagi pertanyaan, kok harus 45 menit lebih awal sih?

Pintu keberangkatan bandara BaliYa itu karena proses untuk mengantarkan koper ke pesawat, hingga memasukkan semua barang ke bagasi pesawat juga butuh waktu yang nggak sebentar. Jadi jangan berpikir bahwa koper-koper yang kamu titipkan itu langsung masuk ke dalam bagasi pesawat dalam waktu sekedip aja. Nggak gitu yaaaa..

Belum lagi kalau misal pake drama salah terminal seperti yang pernah aku alami dulu. Bisa semakin ketinggalan kamunya. Untung dulu itu aku sampai 2 jam lebih awal, jadi masih sempat pindah terminal.

Terus lagi, beberapa bandara itu bisa sangat luas sekali. Jalan dari counter check-in menuju ke pintu keberangkatan aja tuh bisa jauh banget. Dan hal ini bisa bikin orang ngos-ngosan juga. Jadi ketika kamu datang lebih awal, kamu bakal punya waktu untuk beristirahat dan menghela nafas sejenak sebelum naik ke pesawat.

Jadi, udah bener dong himbauan untuk datang di bandara dua jam sebelum waktu keberangkatan? Iya, itu semua adalah demi kenyamananmu dan kenyamanan penumpang lainnya. – hayuklah.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here