Ternyata Ini Loh Fungsi Sayap (Spoiler) Pada Mobil F1

Ternyata Ini Loh Fungsi Sayap (Spoiler) Pada Mobil F1 – Selama ini kita mengenal mobil F1 sebagai mobil yang sangat cepat, serta memiliki bentuk body yang sangat berbeda dengan mobil pada umumnya. Sekaligus menjadikannya sangat mudah dikenali. Salah satu hal yang paling mencolok dari mobil F1 adalah sayap alias spoiler yang besar pada bagian depan dan belakangnya.

Sayap-sayap ini membuat mobil Formula 1 nampak sangat gagah. Sehingga tak sedikit orang yang menganggapnya sebagai komponen penghias agar mobil terlihat bagus.

Padahal sebenarnya, sayap alias spoiler ini memiliki peran yang sangat penting agar mobil dapat melaju dengan sangat cepat. Bahkan tanpa hadirnya sayap-sayap tersebut, rasanya mobil F1 bahkan tak bisa lebih cepat dari mobil biasa saat memasuki tikungan. Kenapa bisa demikian?

Memberikan Ekstra Grip Pada Mobil

Seperti yang kita ketahui bersama, mobil Formula 1 memiliki bobot yang sangat ringan jika dibandingkan dengan mobil pada umumnya. Bobotnya yang ringan tersebut memang membuat mobil menjadi lebih cepat saat melakukan akselarasi. Karena akan dibutuhkan tenaga yang lebih kecil untuk dapat membuat mobil melaju.

Hanya saja, bobot yang ringan tersebut memiliki sebuah kerugian dari sisi grip alias cengkraman ban terhadap aspal. Oleh karena terlalu ringan, ban tidak akan bisa terlalu menempel ke aspal. Akibatnya, ia tidak akan mampu berbelok dengan kecepatan tinggi. Nah, di sinilah peranan sayap pada mobil F1 menjadi sangat penting. Sayap ini berfungsi untuk memberikan grip tambahan pada ban. Dengan catatan, mobil harus melaju dalam kecepatan tinggi.

Rahasia mobil F1Kalau kita perhatikan, sayap pada mobil F1 memiliki bentuk melengkung yang rata-rata mengarah ke atas. Lengkungan tersebut bertugas untuk membelokkan angin ke arah atas. Nah, angin yang ditabrak dan dibelokkan pada saat mobil melaju, akan membuat sayap tersebut mendapatkan dorongan ke arah sebaliknya yaitu ke bawah.

Hal ini disebut juga sebagai downforce alias gaya tekan ke bawah. Semakin cepat mobil melaju, maka downforce yang dihasilkan akan semakin kuat. Dan dengan adanya gaya tekan ke bawah tersebut, akan membuat ban mobil menjadi semakin menempel ke aspal. Yang kemudian akan membuat grip menjadi terasa jauh lebih baik.

Adanya grip tambahan ini akan memungkinkan bagi mobil F1 untuk berbelok dengan kecepatan yang sangat tinggi. Bahkan, seringkali ia akan terlihat sangat lengket dengan aspal. Dan membuatnya amat sangat lincah di tikungan. Seperti yang bisa kamu lihat pada video ini:

Iya, pengaruh dari sayap yang begitu besar pada mobil F1 membuatnya menjadi salah satu faktor penentu kecepatan. Yang mana sayap-sayap tersebut memang merupakan salah satu dari 5 alasan lain yang membuat mobil F1 menjadi sangat cepat. Seperti yang sudah pernah saya tuliskan pada halaman berjudul 5 hal yang membuat mobil F1 sangat cepat.

Dan iya, keuntungan yang didapat oleh mobil F1 dari sayap-sayap tersebut juga berlaku pada mobil biasa yang menggunakan spoiler. Hanya saja, mungkin pengaruhnya tidak akan bisa dirasakan terlalu signifikan jika digunakan dalam kecepatan rendah. Karena efeknya baru akan terasa jika digunakan untuk melaju dalam kecepatan tinggi.

Mas Pandu
Suka foto, tapi agak kurang narsis | Pengagum alam, tapi bukan alay | Also known as Mas Bocah