Brad Binder Menjuarai #CzechGP di Ajang MotoGP! Tapi Kok Dani Pedrosa Yang Trending?

Brad Binder Menjuarai #CzechGP di Ajang MotoGP! Tapi Kok Dani Pedrosa Yang Trending? – Siapa yang mengira kalau pembalap asal Afrika Selatan, Brad Binder bisa menjuarai ajang balap MotoGP? Yap, dikala semua orang menjagokan pembalap dari tim satelit Yamaha yaitu Fabio Quartararo ataupun Franco Morbidelli, Brad Binder justru tampil menjadi kuda hitam dengan memenangkan seri #CzechGP di sirkuit Brno, Republik Ceko, yang berlangsung pada 9 Agustus 2020 kemarin.

Tentu ini merupakan sebuah kejutan yang luar biasa bagi para penggemar MotoGP. Pasalnya, motor yang menjuarai seri tersebut adalah Red Bull KTM yang selama ini selalu dipandang sebelah mata. Selain karena mereka adalah tim pabrikan yang terbilang pendatang baru, status Brad Binder yang merupakan rookie di tahun ini juga semakin membuat orang tak memperhitungkan tim tersebut. Bahkan pada tahun sebelumnya, tim Red Bull KTM merupakan tim papan bawah yang hampir selalu berjuang untuk tidak finish di urutan akhir.

Tapi, ada yang menarik di ajang MotoGP kali ini. Pembalap yang sudah tidak lagi berpartisipasi dalam balapan, justru mendapatkan banyak sorotan dari netizen di seluruh dunia. Pembalap tersebut adalah Dani Pedrosa. Loh, kok bisa sih? Padahal yang menang kan Brad Binder?

Hasil MotoGP Brno Ceko 2020

Highlight Jalannya Balapan

Brad Binder yang start dari posisi ke-7 memang tak menunjukkan kecemerlangannya di awal lomba. Ia bahkan sempat terpaut cukup jauh dari pimpinan lomba yaitu Franco Morbidelli. Namun menjelang pertengahan lomba, ia perlahan mulai mengambil alih posisi lawan-lawannya hingga merangsek ke posisi ke-3, dibelakang pemimpin klasemen MotoGP yaitu Fabio Quartararo.

Brad Binder nampak cukup lama tertahan dibelakang pembalap asal Perancis tersebut. Tapi dari sana sih sudah terlihat kalau sebenarnya Brad Binder sangat berpotensi untuk bisa menyalip Quartararo. Karena sebelumnya, ia mampu mencatatkan fastest lap sebelum mendekati Quartararo.

Dan yak! Momen yang ditunggu pun akhirnya tiba! Brad Binder yang sedari tadi terlihat hanya main cari aman, akhirnya mengambil alih posisi ke-2 dari Fabio Quartararo yang memang terlihat semakin melambat. Yang menakjubkan adalah, Pol Espargaro yang merupakan rekan satu tim dari Brad Binder di tim Red Bull KTM juga nampak menunjukkan taringnya tidak jauh dibelakang Binder.

Ia bahkan sempat menyalip Johann Zarco, sebelum akhirnya melebar pada beberapa tikungan berikutnya, lalu disruduk oleh Zarco saat ia mencoba kembali ke racing line. Akhirnya ya ndlosor alias jatuh. Posisi Zarco sendiri sebenarnya tetap pada racing line nya. Namun Pol Espargaro yang tadinya melebar dan mencoba kembali ke racing line akhirnya membuat keduanya bersenggolan.

Butuh beberapa waktu sebelum akhirnya pengawas lomba memberikan hukuman long lap bagi Johann Zarco yang saat itu sudah berhasil merangsek ke posisi 3 setelah menyalip dan meninggalkan Fabio Quartararo yang nampak terus melambat. Long lap dieksekusi dengan sangat apik oleh Johann Zarco, sehingga ia berhasil mempertahankan posisinya. Quartararo yang berada di belakangnya tak mampu mengambil kesempatan tersebut dan hanya mampu menempel Zarco setelah melakukan long lap. Hampir tabrakan juga sih kayaknya.

Quartararo yang sangat dijagokan pada balapan tersebut ternyata tak sanggup mempertahankan phase, hingga akhirnya terus merosot hingga ke posisi 7. Setelah disalip oleh Alex Rins dari tim Suzuki, pak tua Valentino Rossi dari tim pabrikan Yamaha, dan juga Miguel Oliveira dari tim satelit KTM.

Sementara itu, Brad Binder yang berada di posisi ke-2 terlihat mampu mengejar ketertinggalan dari Franco Morbidelli yang sedari awal memimpin lomba. Strategi penggunaan ban belakang soft ternyata tidak membuatnya cukup jauh untuk meninggalkan lawan-lawannya. Hingga akhirnya terkejar oleh Brad Binder, dan mengambil alih pimpinan lomba.

Morbidelli tak mampu memberikan perlawanan berarti karena menurut keterangannya, ia tak ingin membuat ban (belakang) nya “overcooked” (biar nggak tersiksa banget ban nya, biar nggak cepet habis), dan nggak ingin melakukan “hal bodoh” alias hal yang nggak perlu. Ia cuma ingin supaya bisa membawa motornya sampai finish. Ibaratnya tuh semacem “udahlah, gausah pacaran, jadi temen kamu aja aku udah seneng kok”.

Waw! KTM bisa mimpin balapan MotoGP gaes! Gilak! Bahkan komentatornya pun bilang, “nobody expect this!”, yang artinya adalah “nggak ada yang menyangka ini akan terjadi!”. Binder bahkan mampu meninggalkan Morbidelli hingga finish lebih dari 5 detik di depan Franco Morbidelli.

Kemenangan yang bukan dari akibat keberuntungan pemula semata ini tentu sangat membanggakan. Baik bagi Brad Binder, maupun tim KTM. Bayangin aja, tim yang tahun sebelumnya terseok-seok dan tercecer di barisan paling belakang, kini mampu bersaing di barisan terdepan. Yang lain semakin ketinggalan #eh. Sebuah improvement yang sangat luar biasa bagi tim pabrikan yang terbilang anak kemarin sore tersebut!

Terus, Kok Dani Pedrosa Bisa Ikutan Jadi Trending Topic?

Kemenangan tak terduga dari Brad Binder dan tim Red Bull KTM tentu juga membuat heboh jagat maya. Iyalah, aku yang nonton aja excited banget! Dan apa yang aku pikirkan selama melihat jalannya lomba itu adalah soal Dani Pedrosa yang merupakan test rider dari tim KTM. Aku berpikir, dialah orang yang paling berjasa atas kesuksesan yang berhasil diraih oleh KTM. Dan tentu saja, ditambah dengan kerja keras dari seluruh kru yang terlibat.

Dani Pedrosa Trending Topic MotoGP CzechGP 2020

Buat yang belum tau, pembalap asal Spanyol yang “terbuang” dari tim Repsol Honda tersebut dipercaya oleh KTM sebagai test rider untuk mengembangkan motor milik mereka. Pedrosa bahkan sempat mengkritik bahwa “motormu tidak kompetitif”. Yang kemudian direspon oleh tim KTM dengan sangat dewasa. Mereka kemudian mendengarkan berbagai saran dan keluhan dari Pedrosa, lalu mencarikan solusi dan terus melakukan berbagai pengujian.

Pembalap KTM yang turun ke ajang balap pun kemudian merasakan perkembangan motor ke arah yang lebih baik. Hingga akhirnya tim Red Bull KTM mampu menjuarai seri MotoGP di sirkuit Brno kemarin. Ini adalah contoh yang bagus soal bagaimana kita harus merespon sebuah kritikan. Yaitu dengan melakukan improvement! Bukan malah mencari pembenaran dan ngajak temen-temennya buat nge-bully.

Brad Binder KTM menjuarai MotoGP Ceko 2020

Dan ternyata, bukan cuma aku aja yang berpikiran bahwa dibalik kemenangan ini, ada Dani Pedrosa yang juga punya jasa besar! Setelah ku intip di twitter, ternyata banyak juga yang berterima kasih kepada pembalap mungil tersebut. Karena sudah menjadi orang penting di balik pengembangan motor KTM.

Mas Pandu
Suka foto, tapi agak kurang narsis | Pengagum alam, tapi bukan alay | Also known as Mas Bocah