Home Info Lainnya Alasan Kenapa Kamu Mesti Coba Check-in Online Saat Mau Naik Pesawat!

Alasan Kenapa Kamu Mesti Coba Check-in Online Saat Mau Naik Pesawat!

0

Alasan Kenapa Kamu Mesti Coba Check-in Online Saat Mau Naik Pesawat! – Salah satu prosedur saat akan naik ke pesawat adalah, kita diwajibkan untuk melakukan check-in terlebih dahulu. Kenapa kita harus check-in? Sederhananya, check-in sendiri merupakan prosedur untuk mengkonfirmasi apakah calon penumpang jadi ikut dalam penerbangan, atau tidak.

Tentu saja kita harus sudah punya tiket terlebih dahulu, yang sudah kita pesan sebelumnya. Baik via online, maupun via travel agent terdekat.

Biasanya, check-in akan dilakukan beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan. Dan paling lambat adalah satu jam sebelum jadwal yang sudah ditentukan tersebut. Tujuannya adalah agar bagasi yang kamu titipkan bisa ditata dan bisa selesai dimuat ke dalam pesawat sebelum mulai take-off.

Batas waktu check-in tersebut terkadang akan memberatkan calon penumpang. Karena mau tidak mau, mereka harus sudah sampai di bandara minimal dua jam sebelum jadwal keberangkatan. Karena yaa prosedur yang harus dilakukan ketika sudah sampai di kawasan bandara bisa dibilang cukup memakan waktu.

Mulai dari mengantre di spot security check, mengantre di counter check-in, hingga perjalanan menuju ke ruang tunggu. Hal inilah yang memberatkan bagi mereka yang ternyata bertempat tinggal jauh dari kawasan bandara. Bahkan terkadang mereka terpaksa harus terburu-buru untuk mengejar jadwal check-in.

Namun ceritanya mungkin akan sedikit berbeda jika kita sudah melakukan check-in online.

Apa Keuntungan Check-in Online?

Check-in online adalah metode untuk melakukan check-in yang bisa kita lakukan secara online. Bisa dengan memanfaatkan laptop, pc, ataupun smartphone yang kita punya. Dengan demikian, kita sudah bisa melakukan check-in bahkan sebelum kita sampai di bandara.

Dari sini saja kita sudah bisa merasakan salah satu keuntungannya, yaitu kita jadi tidak terburu-buru saat harus melakukan penerbangan. Keuntungan ini bisa kita rasakan khususnya jika kita hanya berencana membawa bagasi kabin saja.

Dalam arti, kita tidak harus tiba di bandara 2 jam sebelum keberangkatan. Karena kita tidak perlu lagi harus melakukan antrian untuk check-in dengan cara yang biasa melalui counter check-in. Kalaupun kita diminta untuk menunjukkan boarding-pass fisik, kita bisa kok mencetaknya di counter check-in ataupun dengan menggunakan mesin self check-in jika tersedia.

Cara menggunakan mesin check-in bandara

Nah, walau disini mungkin kita masih harus mengantre di counter check-in, bedanya kita tak perlu takut akan terlambat check-in yang mana resikonya adalah kita akan ketinggalan pesawat. Karena, nama kita sudah masuk ke dalam daftar calon penumpang yang sudah mengonfirmasi penerbangan.

Syukur-syukur kalau ternyata di bandara sudah disediakan mesin self check-in, jadi kita juga bisa menghindari antrian. Eit, bukan berarti kita bisa datang ke bandara seenaknya ya! Karena walaupun sudah melakukan check-in online, kita tetap akan bisa ditinggal pesawat jika ternyata kita terlambat tiba di bandara. Ya saranku sih, kita sudah sampai di bandara minimal 50 menit sebelum jadwal.

Namun jika ternyata kita berencana untuk menitipkan barang di bagasi pesawat, maka aku tetap menyarankan untuk tiba di bandara minimal 2 jam sebelum keberangkatan karena kita wajib melapor ke counter check-in untuk melakukan baggage drop.

Keuntungan lain dari check-in online adalah, umumnya kita bisa memilih tempat duduk sesuka hati. Tapi ini tak berlaku untuk semua maskapai penerbangan ya. Karena beberapa maskapai penerbangan bakal menagih biaya tambahan jika kita memilih tempat duduk.

Sejauh yang aku tau hingga saat ini, maskapai Garuda Indonesia dan Air Asia akan membebaskan penumpangnya untuk memilih tempat duduk ketika check-in online. Iya, artinya gratis, gak perlu bayar lagi.

Sedangkan maskapai yang akan menerapkan biaya tambahan ketika kita memilih tempat duduk saat check-in online adalah Citilink. Untuk maskapai lainnya, aku belum bisa konfirmasi ya. Kedepannya mungkin tulisan ini bakal aku update. Yang pasti, pastikan kamu sudah cek dengan teliti keterangan-keterangan yang ada saat sedang proses melakukan check-in online.

Siapa tau ada perubahan peraturan dadakan. Untuk caranya sendiri, seharusnya kurang lebih sama seperti cara check-in online Garuda Indonesia yang sudah pernah aku bahas sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here