Lokasi Wisata Air Terjun Aek Sijorni

Lokasi Wisata Air Terjun Aek Sijorni, Berundak Berair Jernih

Posted on

Wisata Air Terjun Aek Sijorni merupakan air terjun bertingkat yang berlokasi di daerah Tapanuli Selatan. Air terjun disini sangat jernih baik di musim kemarau maupun hujan. Mengapa disebut Aek Sijorni? Aek Sijorni memiliki makna air jernih. Objek wisata air terjun ini telah dikelola dengan baik oleh pemerintah dan penduduk sekitar. Air terjun juga telah direnovasi beberapa kali demi meningkatkan kualitas layanan bagi para wisatawan yang hendak berkunjung.

Air Terjun Aek Sijorni bersumber dari mata air dari bukit di sekitar Sayur Matinggi dan Batang Angkola, sehingga tak salah jika airnya cukup jernih dan segar. Indahnya alam yang eksotis membuat banyak orang yang tertarik untuk berkunjung kesana.

Di dalam area wisata, terdapat 2 air terjun. Dimana kedua air terjun tersebut memiliki kesan tersendiri untuk dinikmati. Keindahan Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 10 meter, dihiasi dengan pohon kelapa yang tumbuh di tengah-tengah air terjun. Kalian yang selo dan ingin melakukan perjalanan wisata, hayuklah datang ke Wisata Air Terjun Aek Sijorni untuk melepaskan penat harian.

Wisata Air Terjun Aek Sijorni

Lokasi Wisata Air Terjun Aek Sijorni

Kondisi Geografis

Berbicara mengenai kondisi geografis, Aek Sijorni ini terletak di Sumatra Utara atau tepatnya desa Aek Libung, Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan. Aek Sijorni berada pada jarak sekitar 30 km ke arah timur Kota Padang Sidempuan.

Landscape

Seperti yang telah dijelaskan bahwa Air Terjun Aek Sijorni memiliki 2 air terjun. Pertama air terjun yang di sebelah kiri mengalir melalui parit kecil. Walaupun begitu air tersebut tetap jernih dan bersih. Kedua air dibiarkan mengalir di kolam yang memang disediakan untuk kamu yang ingin bermain air dan berenang. Kolam disini dibagi lagi menjadi 2 yang satu untuk anak-anak satunya lagi untuk dewasa yang memiliki kedalaman sekitar 1 meter. Selain berenang di kolam kamu juga bisa santai di bawah pohon bersama keluarga maupun teman-temanmu.

Aktivitas

1. Menikmati Pemandangan

Kamu bisa menikmati pemandangan Aek Sijorni dengan berteduh di bawah pohon yang rindang. Dengan suasana alam yang masih terasa kamu akan sangat menikmati pemandangan di sekitar air terjun.

2. Berenang

Dengan kolam yang telah disediakan kamu bisa berenang di air terjun. Air yang jernih dan bersih akan membuat badan segar. Di kawasan air terjun ini memiliki kolam yang dibagi menjadi dua yaitu untuk anak dan dewasa. Tidak lengkap rasanya berkunjung kesana tanpa berenang.

3. Hunting Foto

Bagi kamu yang gemar bermain kamera atau hobi fotografi tentunya tempat ini tidak boleh kamu lewatkan. Karena sayang sekali bila melewatkan tempat yang sangat indah ini. Keindahan alam di kawasan Aek Sijorni sangat menawan apalagi bila diabadikan melalui kamera. Kamu bisa berfoto selfie maupun dengan pemandangan air terjun yang nampak disana.

Akses Menuju Lokasi

baca: Tempat Wisata Jogja Tersembunyi Jarang Orang Tau

1. Menggunakan Bus

Jika kamu menggunakan kendaraan umum seperti bus bisa memakan waktu sekitar satu jam dari Padang Sidempuan. Selanjutnya kamu harus melewati jembatan gantung sepanjang 25 meter kemudian berjalan menuju lokasi sekitar 15 menit. Tiket masuk Aek Sijorni ini juga terjangkau yaitu lima belas ribu rupiah saja.

2. Menggunakan Pesawat

Untuk kamu yang berasal dari luar daerah bisa menggunakan pesawat menuju Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan yang kemudian dilanjutkan ke Sibolga yang butuh waktu terbang 40 menit. Setelah sampai di Sibolga, bisa dilanjutkan dengan kendaraan umum menuju Padang Sidempuan. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjut dengan bus atau kendaraan umum lain ke Air Terjun Aek Sijorni yang memakan waktu sekitar 1 jam.

Leave a Reply