Perjalanan Yang Biasa Saja Dari Lampung ke Jakarta Naik Bus Damri

Perjalanan Yang Biasa Saja Dari Lampung ke Jakarta Naik Bus Damri – Ini adalah bagian ketiga dari perjalanan panjang saya dari Denpasar menuju ke Metro Lampung menggunakan jalur darat. Dan ini, adalah cerita perjalanan saat kembali dari Metro Lampung menuju ke Denpasar. Yang mana saya memilih rute termudah yaitu dengan cara transit di Jakarta terlebih dahulu.

Saya memilih untuk naik bus Damri dari Lampung ke Jakarta karena pool alias garasi Damri yang berada di Metro, lokasinya dekat dengan tempat saya menginap selama dua minggu lamanya. Selain itu, saya juga ingin merasakan perbedaan dari bus kelas bisnis dibandingkan dengan kelas executive yang sudah pernah saya tumpangi saat perjalanan dari Jakarta menuju ke Metro.

Perbedaan yang paling terasa adalah saat berada di dalam kabin. Untuk urusan kenyamanan, bus Damri kelas Bisnis ini bisa dibilang oke untuk budget yang harus dikeluarkan. Walau space kaki terasa jauh lebih sempit dibanding dengan kelas executive, namun saya rasa space yang diberikan masih cukup manusiawi.

Damri kelas bisnis Lampung Jakarta

Untuk urusan kebersihan serta interior secara keseluruhan, saya rasa bus ini tergolong bagus banget untuk kelasnya. Hal yang paling saya suka adalah AC nya, yang ternyata lebih manusiawi dibandingkan AC dari bus kelas executive yang dinginnya kebangetan. Jadi saat naik bus ini, tanpa selimut pun saya tidak menggigil.

Lalu soal kenyamanan bus, termasuk dalam hal suspensi dan juga akselarasi power mesin dari bus nya juga masuk kategori oke banget. Saat berada di jalan tol, saya mendapati bahwa bus ini dapat melaju di kecepatan kira-kira 120km per jam. Ya ini berdasarkan insting sebagai pengendara aja sih, karena saya tak benar-benar melihat speedometer dari bus tersebut.

Untuk perjalananya sendiri tak banyak yang bisa saya ceritakan karena yaa terasa biasa aja. Lancar banget tanpa kendala berarti yang membumbui keseruan dari perjalanan. Disamping itu saya juga lebih banyak tidurnya sih. Jadi nggak tau banyak soal apa yang terjadi selama di perjalanan.

Fasilitas

Selain soal kenyamanan dalam ruangan kabin dengan AC yang manusiawi, tak banyak fasilitas lain yang akan kita dapatkan. Sesaat setelah perjalanan, kita akan diberikan bungkusan snack yang berisikan wafer dan juga air mineral.

Fasilitas jatah makan bus Damri Lampung Jakarta

Lalu, apakah kita akan mendapatkan jatah makan selama perjalanan? Jawabannya adalah tidak. Hehe, agak aneh ya? Karena setau saya, kalau bus malam tuh biasanya bakal dapat jatah makan setidaknya satu kali. Tapi ini nggak. Yaa mungkin budgetnya mepet kali ya? Toh sebagai gantinya, kita akan diusahakan untuk dapat naik kapal kelas eksekutif saat akan menyeberang di selat sunda. Setidaknya, itu kata sang sopir sebelum berangkat.

Memang sih, bus ini akan singgah di sebuah rumah makan yang dijadikan sebagai spot rest area. Tapi yaa gitu, ternyata ini adalah bukanlah bagian dari service. Yang artinya, kita harus bayar sendiri kalau mau makan. Cara ini ternyata cukup mampu untuk mengecoh para pemula seperti saya, yang mengira bahwa disana adalah tempat kita mendapatkan jatah makan.

Seperti yang saya alami saat pertama kali melakukan perjalanan dari Jakarta ke Lampung dengan juga menaiki bus Damri. Jadi saat bus berhenti untuk singgah, saya memilih untuk tidak turun. Tapi kalau misal ternyata kamu lapar, ya silakan aja turun untuk makan di sana. Atau turun untuk sekadar butuh ke toilet juga bisa.

Lama Perjalanan

Naik bus dari Lampung menuju ke Jakarta membutuhkan waktu sekitar … Emm, semalaman. Kita bisa memilih beberapa jadwal keberangkatan yang tersedia. Dari pool Metro, kelas Bisnis yang tersedia akan mulai berangkat pukul 7 dan 8 malam. Saat sudah berangkat, bus akan mampir ke beberapa terminal dan pool lain yang berada di sepanjang perjalanan menuju ke pelabuhan Bakauheni.

Dari Metro, butuh waktu kira-kira satu jam lamanya untuk sampai di Bandar Lampung. Kalau saya perhatikan, perjalanan darat yang ditempuh sebenarnya tidaklah terlalu lama. Yang lama adalah ketika kita harus menunggu untuk dapat naik ke kapal penyeberangan. Penyeberangan menggunakan kapal sendiri akan membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam lamanya, jika kita menggunakan kapal cepat. Bus yang saya tumpangi saat ini memulai perjalanan dari Metro tepat jam 8 malam. Dan kami tiba di stasiun Gambir sekitar jam setengah 7 pagi WIB.

Bagaimana Kita Memesan Tiketnya?

Cara pesan tiket Damri dari Lampung ke Jakarta bisa kamu lakukan di loket yang tersedia di terminal, dan juga di pool Damri terdekat. Atau, kamu juga bisa melakukan pemesanan tiket via online apps yang disediakan oleh Damri. Yang mana hal ini sudah pernah saya bahas pada posting sebelumnya.

Di sana, kita juga bisa cek jadwal keberangkatan yang tersedia dari titik keberangkatan yang dilalui oleh bus Damri. Lengkap dengan daftar harga tiketnya untuk semua kelas. Tapi, buat kamu yang tidak punya alat pembayaran yang didukung oleh aplikasi Damri, kamu tak perlu khawatir kok.

Karena mereka punya sistem dimana tiket tidak lagi bisa dipesan secara online jika kursi yang tersisa hanya tersedia kurang dari 10 (kalau tidak salah). Sehingga, kita yang butuh tiket dadakan dan atau hanya bisa membeli tiket secara langsung, bisa punya kesempatan untuk kebagian tiketnya dengan memesan via loket yang tersedia.

Pada posting selanjutnya, saya akan menceritakan tentang perjalanan dari Jakarta menuju ke Denpasar Bali menggunakan bus yang ternyata harus melalui berbagai rintangan.

Mas Pandu
Founder Hayuklah.com | Suka foto, tapi agak kurang narsis | Pengagum alam, tapi bukan alay | Digital marketing strategist at Vionlin.com | Also known as Mas Bocah