Home Hotel & Penginapan Bingung Dengan Istilah “Hotel”, “Resort”, “Hostel” dan Semacamnya? Ini Perbedaannya!

Bingung Dengan Istilah “Hotel”, “Resort”, “Hostel” dan Semacamnya? Ini Perbedaannya!

326
0
SHARE

Bingung Dengan Istilah “Hotel”, “Resort”, “Hostel” dan Semacamnya? Ini Perbedaannya! – Pada saat mimin berlibur, beberapa kali mimin melihat bangunan bertuliskan “hotel”, “hotel & resort”, “hotel and suites”, hingga “hotel melati”.

Hal itu cukup membuat mimin penasaran untuk mengetahui maksud dari keterangan “resort” dan semacamnya itu, karena menurut kacamata orang awam seperti mimin, tempat menginap itu yaa hotel.

Dan setelah mimin mencari tau lebih lanjut, jenis-jenis penginapan itu ternyata ada cukup banyak loh. Memangnya, apa sih perbedaannya? Intinya, yang membedakan antara kesemua jenis penginapan itu adalah fitur-fitur alias fasilitas yang ditawarkan.

Nah di posting kali ini, mimin akan coba membuatkan keterangan soal fitur dari masing-masing jenis penginapan berdasarkan apa yang mimin ketahui agar kamu tidak salah dalam memilih tempat menginap. #HayukLah kita langsung ke tekape! 😀

Hotel

Perbedaan hotel hostel resort losmen
Hotel Pullman, Jakarta, dengan 3 buah gedung apartemen dibelakangnya.

Hotel adalah yang paling umum dikenal oleh masyarakat sebagai tempat penginapan dengan fasilitas yang agak sedikit mewah, hingga mewah banget. Tentu saja, “produk” utama dari hotel adalah sebagai tempat menginap.

Umumnya, hotel memiliki bangunan yang besar dengan jumlah kamar yang banyak, tergantung dari kelas dari hotel itu sendiri. Semakin tinggi kelasnya, semakin berkualitas pula fasilitas yang dimilikinya, yang juga akan mempengaruhi harga menginap dari hotel tersebut.

Selain tempat menginap, hotel juga menyediakan kebutuhan lain yang dikelola secara komersil termasuk makanan dan minuman. Maka jangan heran kalau kita bisa menemui tempat makan di area hotel.

Fasilitas Lain

Beberapa hotel memiliki fasilitas tambahan untuk beberapa keperluan. Misalnya, fasilitas ruang meeting yang berkapasitas kecil, hinggal ball room yang biasa digunakan untuk acara / event yang dapat menampung hingga ribuan orang.

Terdapat pula hotel yang menyediakan jasa sewa kamar dalam waktu singkat, yang biasa disebut sebagai transit hotel. Transit hotel biasanya terletak di area sekitaran bandara ataupun stasiun, yang fungsinya tentu saja untuk menampung para tamu yang mungkin sedang transit dan ingin beristirahat sejenak.

Resort

Bedanya hotel, suites, resort dan villa
Sumber: Pixabay.com

Hotel Resort pada dasarnya adalah sebuah hotel, namun dengan beberapa fasilitas tambahan dengan nuansa “rekreatif”. Maksudnya adalah, hotel resort biasanya memiliki tempat untuk bersantai, seperti pada gambar diatas.

Oleh karena itu, biasanya, hotel resort seringkali ditemukan di area-area dekat tempat wisata, ataupun terletak di area dengan pemandangan alam yang indah. Pernah denger istilah “private beach” alias pantai pribadi? Nah, itu adalah bagian dari fasilitas yang ditawarkan oleh hotel resort.

Suites

Yang ini beda lagi. Suites bisa dibilang merupakan kelas kamar (atau ruangan sebagai penginapan) yang lebih besar dibandingkan kamar hotel biasa.

Kalau kamar hotel hanya terdiri dari satu ruangan saja, maka suites ini biasanya memiliki lebih dari satu ruangan yang biasanya memiliki ruang terpisah dari kamar yang mirip seperti ruang keluarga. Dan udah pasti, harganya juga nggak main-main lah kalo yang ini mah 😀

Hostel & Dormitory

Bedanya hotel, hostel, inn, dan penginapan lainnya
Sumber: shantihostel.com

Nah, kalo yang ini tuh andalan banget bagi para backpacker. Pada dasarnya, hostel dan dormitory adalah sama, setidaknya itu kata Wikipedia berbahasa Inggris. Penginapan ini memang sangat mirip dengan dormitory (asrama), dimana dalam satu ruangan, kita akan tidur bersama beberapa orang lain dan umumnya menggunakan kasur tingkat seperti pada gambar diatas.

Oleh karenanya, harga sewa untuk dapat menginap disini pun sangat terjangkau. Kekurangannya yaa tentu soal privasi yang sangat kurang.

Hotel Melati & Losmen

Berbeda dengan hotel yang sudah disebut diatas, hotel melati atau sering disebut juga sebagai losmen merupakan penginapan dengan fasilitas apa adanya. Nggak apa adanya banget sih, karena ada juga hotel melati yang menyediakan fasilitas seperti AC dan TV.

Hotel versi murah ini biasanya juga menjadi andalan para backpacker jikalau mereka enggan menginap di hostel. Kalau masih bingung, hotel melati ini mirip dengan “kos-kosan” yang disewakan harian.

Guest House

Seperti namanya, guest house dalam bahasa Indonesia artinya adalah “rumah tamu”. Yaps, tempat penginapan ini sebenarnya merupakan sebuah rumah pribadi, yang kemudian disewakan ruangan / kamarnya untuk menampung tamu yang ingin menginap.

Biasanya, sang pemilik guest house juga tinggal di rumah yang sama, di ruangan berbeda tentunya. Sebagian guest house memiliki kamar tidur mirip seperti hostel. Tetapi ada juga sebagian lain yang memiliki kamar mirip seperti hotel.

Sebagian tamu memilih untuk menginap di guest house karena suasana tinggal yang mirip dengan rumah. Alasan lain, biasanya, makanan yang disediakan disini tentu akan lebih terkesan homemade (syukur-syukur kalau disediakan tanpa biaya tambahan), kebersihan yang terjaga, serta pastinya soal harga yang lebih terjangkau dibandingkan hotel.

Villa

Villa sejatinya adalah sebuah bangunan rumah dengan ukuran cukup besar hingga besar banget yang disewakan sebagai tempat menginap.

Berbeda dengan rumah biasa, villa memiliki konsep dengan nuansa “rekreatif” dan biasanya memiliki kolam renang. Beberapa villa terkadang juga dilengkapi dengan gazebo. Biasanya, letak villa ini agak jauh dari jalan utama yang menjadi sumber kebisingan / keramaian.

Villa sering kali ditemukan di dekat tempat wisata alam, baik itu pantai, maupun pegunungan atau dataran tinggi. Villa juga sangat cocok untuk kamu yang memutuskan untuk berlibur ramai-ramai bersama teman.

Inn

Inn sebenarnya adalah bahasa Inggris dari “penginapan”. Di Indonesia, sepertinya masih jarang ditemukan konsep Inn seperti yang seharusnya, dan disini, biasanya ia lebih mirip seperti losmen.

Bisa dibilang, inn merupakan hotel versi mini (dengan jumlah kamar terbatas dan tentu lebih murah harganya) karena menyediakan fasilitas termasuk tempat makan serta layanan kamar. Pernah main game “Harvest moon” di PS? Main-main lah ke penginapannya Ann, disitu kalian bisa lihat konsep inn yang mimin maksud.

Gimana? Udah kebayang bedanya? Tapi untuk saat ini, sudah banyak sekali tempat penginapan yang seakan kehilangan “identitas”, khususnya untuk penginapan dengan harga terjangkau. Ada yang menyebut dirinya “hotel” padahal lebih mirip seperti “inn” (atau sebaliknya), dengan berbagai kemiripan yang membuat garis pembeda diantara semuanya itu kian pudar.

By the way, tolong dikoreksi yaa kalau ada yang salah. Silakan jelajahi blog HayukLah.com untuk mendapat info menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here