Home Bali Mau Liburan Ke Bali? Kamu Harus Tau Beberapa Hal Ini Sebelum Berangkat!

Mau Liburan Ke Bali? Kamu Harus Tau Beberapa Hal Ini Sebelum Berangkat!

220
0
SHARE

Mau Liburan Ke Bali? Kamu Harus Tau Beberapa Hal Ini Sebelum Berangkat! – Pulau Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang amat sangat populer di Indonesia. Kalau dihitung-hitung, terdapat banyak sekali hal menarik yang bisa ditelusuri disini.

Wisata pulau BaliTak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, tetapi kita juga bisa menemukan kekayaan budaya, hingga mencicipi kuliner khas yang menggugah selera. Nah pada tulisan ini, mimin akan berbagi sedikit info berdasarkan pengalaman pribadi yang membahas soal beberapa sisi lain dari tempat berjuluk Pulau Dewata tersebut, yang rasa-rasanya wajib untuk diketahui oleh kamu yang berencana untuk pergi atau mampir ke Pulau ini. Hayuk lah, langsung kita bahas!

Berangkatlah Lebih Awal Jika Ingin Berkunjung ke Spot Ini

Kita tau bahwa di Bali, ada banyak sekali tempat-tempat indah yang sangat populer. Namun untuk dapat mengunjungi beberapa tempat populer tersebut, terkadang kita harus rela bermacet-macet-ria agar dapat sampai ke tujuan.

Tentu saja, terjebak di kemacetan bukanlah hal yang menyenangkan. Dan untuk dapat menghindari kemacetan, sebaiknya kamu berangkat lebih awal jika ingin mengunjungi tempat-tempat berikut:

1. Area Kuta Selatan

Disini ada banyak sekali area yang dijadikan tempat wisata, khususnya di wilayah Pecatu dan Ungasan. Beberapa spot yang bisa kita temukan disini, diantaranya adalah Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Pantai Pandawa, Pantai Padang-Padang, Pura Luhur Uluwatu dan masih banyak lagi.

Area macet di BaliDestinasi tersebut paling cocok dikunjungi pada sore hari hingga menjelang malam. Dan jika ingin mampir ke salah satu atau beberapa tempat diatas, mimin sangat menyarankan untuk berangkat lebih awal, khususnya jika akan menggunakan kendaraan roda 4 atau lebih.

Paling lambat, kalian sudah harus memasuki area Kuta Selatan sekitar pukul 15.00 WITA, khususnya bagi kalian yang berencana untuk mengunjungi Pura Luhur Uluwatu dan menonton pertunjukan Tari Kecak. Karena acara tersebut biasanya akan dimulai sekitar pukul 18.00 WITA.

Jalan yang paling sering terkena macet parah di wilayah ini adalah Jalan Raya Uluwatu (setelah melewati GWK), serta berbagai jalur yang menuju ke Pantai Pandawa.

2. Pantai Kuta

Jalanan yang menjadi jalur menuju Pantai Kuta juga sering kali terkena macet parah, bahkan hingga malam hari. Sebaiknya, kamu sudah memasuki wilayah Kuta (melewati area yang dibatasi oleh Jl Sunset Road) sebelum pukul 16.00 WITA. Karena area ini akan amat sangat padat pada jam tersebut.

3. Ubud

Area Ubud, khususnya di sekitaran Ubud Palace (Puri Ubud) akan sangat padat ketika siang hari tiba, hingga sore hari. Dan bagi kalian yang ingin mengunjungi tempat ini, mimin sarankan untuk menyediakan waktu lebih dalam jadwal perjalanan karena kepadatan lalu-lintas disini tak kalah dengan area Kuta.

Di Bali, Angkutan Umum Sangat Langka!

Sebuah hal yang amat sangat disayangkan adalah minimnya moda transportasi umum yang ada di Bali. Hal ini tentu menjadi sebuah hal yang kurang ramah terhadap para backpacker karena harus mengheluarkan biaya lebih untuk transportasi.

Sedikit cerita ya.. Menurut keterangan penduduk lokal yang sempat mimin tanyai, transportasi umum di Bali sudah mulai sepi jauh sebelum kemunculan transportasi online, tepatnya sejak sepeda motor kian mudah dimiliki. Beberapa tahun lalu bahkan angkot untuk beberapa jurusan sempat digratiskan, namun tetap saja sepi peminat.

Transportasi Online Bisa Menjadi Alternatif

Apakah di Bali ada transportasi online macam Gojek, Uber dan Grab? Untungnya ada! Kehadiran mereka tentu akan sangat membantu bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi pusat perbelanjaan, atau mungkin singgah di tempat-tempat tertentu lainnya.

Sayangnya, jasa transportasi online tersebut tak boleh beroperasi di spot-spot tertentu, termasuk di tempat wisata khususnya di area Ubud dan Kuta Selatan, serta area Bandara. Memang sih, mimin pernah beberapa kali memanfaatkan jasa mereka untuk pergi (mengantar) ke Bandara karena memang masih diijinkan (drop only).

Namun umumnya, pada driver transportasi online tidak berani dan tidak boleh untuk mengambil (menjemput) penumpang di area Bandara, maupun tempat-tempat wisata populer.

Sewa Mobil Jika Ingin Bepergian Jauh

Untuk amannya, kita bisa menyewa mobil jika ingin bepergian ke tempat yang jauh. Dan untuk meminimalisir pengeluaran, sebaiknya kalian mampir ke Bali beramai-ramai agar bisa patungan untuk membayar sewa mobil.

Hindari Untuk Menginjak Banten / Sesajen

Meski tak ada peraturan tertulis, namun ada baiknya kita menghormati budaya yang menjadi ciri khas Pulau Bali. Ingatlah peribahasa “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”. Tak hanya di Bali saja, akan tetapi kita mesti selalu menghormati budaya dari berbagai tempat lainnya, dimanapun kita akan berkunjung.

Oke, mungkin itu saja beberapa hal yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Kalau ada yang mau menambahkan atau mengoreksi, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar yaa. Semoga bermanfaat! 😀

SHARE
Founder Hayuklah.com | Suka foto, tapi agak kurang narsis | Tech blogger pengagum alam, tapi bukan alay | Udah terkenal di Techijau.com | Also known as Mas Bocah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here