Home Info Lainnya CEGAH CORONA SEKARANG! AYOLAH WARGA +62, NURUT DIKIT NGAPA?

CEGAH CORONA SEKARANG! AYOLAH WARGA +62, NURUT DIKIT NGAPA?

1

CEGAH CORONA SEKARANG! AYOLAH WARGA +62, NURUT DIKIT NGAPA? – Iya, itu sengaja di capslock karena aku menulis ini dengan segenap emosi akibat kelakuan sebagian warga Indonesia yang buandel. Pengennya sih bilang goublok, tapi kok ya aku sendiri belum pinter.

Aku jengkel karena ternyata, masih ada sangat banyak orang Indonesia yang nggak sadar betapa virus ini tuh berbahaya. Oke, mungkin ada yang bilang bahwa persentase kematian akibat penyakit ini tuh kecil. Dan faktanya juga ada orang yang berhasil sembuh dari virus yang juga punya sebutan COVID-19 ini. Dan banyak juga yang membandingkan dengan penyakit lain yang dianggap lebih berbahaya, misalnya DBD.

Tapi, masalanya bukan itu. Yang jadi masalah adalah soal penyebarannya. Yang jelas berbeda dengan penyebaran DBD. Nih ya, kalau DBD itu kan disebarkan oleh nyamuk. Kalo si nyamuknya di fogging dan banyak yang mati, penyebarannya bisa melambat. Pun orang atau pasien yang udah kena DBD nggak bakal bisa menularkan penyakit itu ke orang lain. Kalo virus Corona?

Penyebarannya bisa melalui kontak fisik sesama manusia, atau bahkan benda-benda yang ada disekitar kita. Bisa nggak terlihat, dan cukup sulit terlacak. Berdasarkan yang aku tau, orang yang udah terinfeksi virus Corona itu bisa aja nggak menunjukkan gejala sakit selama beberapa hari. Dan selama masa itu, dia bisa aja menyebarkan virus TANPA DIA TAU KALAU DIA SUDAH TERINFEKSI.

Apalagi kalau misal sudah mulai menunjukkan gejala sakit, yang mana gejalanya itu ya seperti flu biasa. Bersin-bersin, demam, dan semacamnya. TAPI, dari bersinnya itu, virus bisa ikut menyebar melalui partikel-partikel cairan tubuh kita (yang entah apa namanya).

Kalau misal virus itu menempel di sebuah (misalnya) laptop, lalu ada orang sehat yang menyentuh laptop tersebut dan kemudian masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung atau mukosa mata, maka orang sehat tersebut BISA TERINFEKSI virus Corona. Bayangin, kalau misal ada 5 orang yang megang laptop yang sama, apa nggak 5 orang juga yang berpotensi terinfeksi?

Terus kalau misal 5 orang yang habis pegang laptop tersebut kemudian bersalaman atau memegang benda lain TANPA CUCI TANGAN, apa nggak lebih banyak orang lagi yang bisa terinfeksi?

YANG BIKIN AKU KESEL ADALAH …

Banyak orang Indonesia yang menganggap remeh virus ini. Udah dikasih aturan dan anjuran buat menghindari kontak fisik dan menghindari pusat keramaian, malah bandel. Contohnya di Jakarta tuh. Tempat hiburan pada ditutup buat mencegah penularan, EH MALAH PADA RAME-RAME LIBURAN KE PUNCAK ATAU KE PANTAI. HADUH !1!1!1

Virus corona

Nih, buat kalian yang masih menganggap remeh virus ini, kalian tengok itu Italy. DUA MINGGU LALU (29 Februari 2020), mereka santuy aja tuh ngadepin virus Corona. Yang pake masker masih jarang-jarang, masih keluyuran di tengah keramaian, bahkan katanya tempat hiburan masih pada buka dan rame (sumber ada di akhir tulisan ini).

Akibat virus corona

Terus, apa yang terjadi setelahnya? Virus Corona jadi menyebarrr kemana-mana. Sampai kabarnya, rumah sakit pun nggak sanggup buat nampung pasien Corona. Akibatnya? Pagi tadi (16 Maret 2020) berdasarkan info dari CNN Internasional, tercatat bahwa ada 368 orang yang meninggal DALAM SATU HARI akibat virus Corona. Bukan karena pengobatannya yang payah, tapi karena rumah sakit pun nggak sanggup buat meladeni pasien yang membludak.

Mencegah virus corona

Dan wahai netijen Indonesia, TOLONG AMBIL PELAJARAN DARI MEREKA! Sikap cuek mu bisa aja jadi bencana buat kita semua termasuk kamu sendiri. Kalau sampai warga Indonesia harus bener-bener nggak boleh keluar rumah seperti di Italy saat ini, YANG RUGI SIAPA? YA KAMU JUGA! Nggak ada kegiatan bisnis, perusahaan tempatmu kerja jadi rugi, bangkrut, kamu jadi kena PHK, TERUS KAMU MAU MAKAN APA HAH?

Maka dari itu ikutilah instruksi pemerintah daerah dan pusat yang tujuannya untuk mencegah penyebaran penyakit ini. Disarankan buat nggak pergi ke pusat keramaian, mbok ya nurut. Disarankan buat nggak usah hangout-hangout dulu, mbok ya nurut. Dan disuruh kerja remote itu mbok ya jangan malah keluyuran! Hih, tilil. Posting ini bukan buat menakut-nakuti ya! Gak perlu takut, tapi WAJIB WASPADA!

Tips Mencegah Penyebaran Virus Corona

1. Sebelum lanjut, tips yang paling utama yang wajib kamu patuhi adalah: PLIS, NURUT! NGGAK USAH SOK SANTUY! KAMU BACA LAGI ITU CONTOH DIATAS, AMBIL PELAJARAN DARI KESALAHAN MEREKA!

Tanpa menjalankan tips ini, percuma aja aku nulis tips selanjutnya! Kalau pemerintah pusat dan daerah sudah ngasih komando, tolonglah kalian patuhi dan jalankan dengan sebenar-benarnya. Demi kalian juga kok! Kalaupun komando yang dikasih ternyata nyeleneh atau nggak ada komando sama sekali, ya kalian cobalah buat minimal melindungi diri. Mencegah lebih baik daripada tidak mencegah.

2. Hindari keramaian! Udah dibilangin kan dari tadi? Alasan kenapa kita harus menghindari keramaian adalah demi mencegah virus menyebar dengan lebih cepat. Virus ini memang cuma bisa menular melalui kontak fisik dan nggak bisa menyebar melalui udara. Dan kalau kamu berada di tengah keramaian, peluang untuk saling bersentuhan atau menyentuh benda yang terkontaminasi oleh virus juga makin besar, bukan?

Sekali lagi, PLIS NURUT!

3. Jangan pulang kampung atau bepergian jauh! Sebagai tambahan aja, dan masih soal Italy. Awalnya itu tercatat hanya ada beberapa kota disana yang terdeteksi positive Corona. Tapi hanya dalam waktu beberapa hari saja, penyebaran virusnya udah menjangkit banyak kota. Dan bahkan hari ini, di Italy nyaris nggak boleh ada aktivitas diluar rumah!

Karena apa? Ya karena itu tadi, mereka bandel dan menganggap bahwa apa yang diberitakan itu dilebih-lebihkan! Dengan STAY UNTUK NGGAK PULANG KAMPUNG atau nggak bepergian jauh, kamu udah ngebantu buat mencegah perluasan penyebaran penyakit ini. Bayangin kalau misal ternyata kamu sampai bawa virusnya dan menyebar ke seluruh desamu. Apa nggak makin parah? Apa nggak makin repot? APA NGGAK MAKIN SULIT BUAT MENGATASINYA? MIKIR OY!

Cegah virus Corona

Oke, mungkin emang kamu merasa sehat dan emang nggak terinfeksi virusnya, sehingga kamu merasa aman. Tapi selama perjalanan, apa kamu yakin nggak bakal ketemu orang yang UDAH TERINFEKSI virusnya? Apa kamu yakin semua hal yang kamu sentuh selama perjalanan menuju kampung halamanmu itu NGGAK TERKONTAMINASI OLEH VIRUSNYA? Yakin, bus atau pesawat yang kamu tumpangi bersih dari kontaminasi virus tersebut? Siapa yang bisa menjamin? Nggak ada! Maka, tolonglah. Dengan kamu stay, kamu bakal bantu buat menghambat penyebaran virus Corona. PLIS NURUT!

4. Hindari kontak fisik dengan orang lain! Ini nggak usah panjang lebar ya, karena diatas udah berkali-kali aku sebutkan bahwa virus ini bisa menyebar lewat kontak fisik. Hindari salaman, apalagi kalau bukan muhrim.

Punten

5. Rajin-rajin cuci tangan dan hindari memegang wajah! Mencuci tangan disini adalah untuk membunuh virus yang mungkin saja menempel di benda-benda yang kamu pegang. Lalu, hindari untuk memegang wajah, terlebih kalau kamu belum mencuci tangan. Karena sekali lagi, virus ini akan bisa menginfeksi seseorang melalui mulut, hidung, dan mukosa mata.

Bagi kamu yang pakai masker, usahakan juga hindari untuk memegang atau memperbaiki maskermu JIKA KAMU BELUM CUCI TANGAN. Tujuannya supaya masker yang kamu gunakan nggak terkontaminasi oleh virus tersebut.

6. Segera berobat ke Puskesmas kalau ada gejala sakit! Inget, gejala virus Corona itu mirip seperti flu biasa. Jadi, jangan remehkan kalau kamu sakit! Segera periksakan ke puskesmas! Harapannya adalah, selain agar kamu bisa cepat sembuh, kamu akan bisa lebih cepat ditangani jika ternyata dinyatakan positif. Jangan lupa pakai masker kalau bersin-bersin. Supaya nggak menyebar.

7. Unfollow akun-akun buzzer yang menjelek-jelekkan PEJABAT MANA SAJA di tengah situasi macem ini! Yang aku lihat di social media, ternyata masih banyak buzzer yang berusaha memanfaatkan situasi seperti ini untuk menjelekkan lawan politiknya. PLIS LAH, NGGAK ELOK! Kalian bukannya ngebantu malah makin memperkeruh suasana!

Jadi, entah kamu cebong, kampret, pendukung Anies ataupun pendukung Ahok, udahlah, bukan saatnya untuk saling menjatuhkan! Unfollow aja itu akun-akun buzzer macem gitu. Siapapun yang memberi komando positif, YA IKUTIN! Dan kalau misal ada komando yang kurang bagus, ya silakan di kritik!

Jangan mentang-mentang kalian dukung si A, lalu kalian nggak nurutin komando positif dari si B yang sedang menjabat. Jagalah sama-sama negeri ini. Jangan cuma ngaku-ngaku cinta NKRI doang, tapi nyatanya malah seneng ribut. Nggak guna!

Akhir Kata …

Udah, sekian dulu. Kalau misal ada yang perlu dikoreksi atau ditambahkan dari tulisan ini, jangan sungkan buat komentar. Tenang aja, aku nggak bakal mengerahkan buzzer bayaran buat nge-bully kalian hanya karena mengkritik tulisanku kok. Dan kalau kalian rasa tulisan ini bermanfaat, tolong share tulisan ini di socmed kalian ya! Supaya lebih banyak orang yang sadar bahwa KITA SANGAT PERLU WASPADA untuk ini.

Referensi:

  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200206185513-255-472399/tahapan-virus-corona-ringan-hingga-menyebabkan-kematian
  • https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200316012110-134-483671/italia-catat-rekor-satu-hari-368-orang-tewas-akibat-corona
  • https://twitter.com/seanludwig/status/1233428408916480001?s=19
  • https://twitter.com/seanludwig/status/1233723708411346945?s=19
  • https://twitter.com/seanludwig/status/1233428408916480001?s=19

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here