Lokasi Gambar Air Terjun Madakaripura

Wisata Air Terjun Madakaripura, Keindahan Tersembunyi di Probolinggo

Posted on

Air Terjun Madakaripura adalah salah satu obyek wisata yang sangat diminati di Kabupaten Probolinggo. Air terjun ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat cantik. Hal tersebut sangat wajar mengingat lokasinya yang masih masuk dalam wilayah taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Sejarah Wisata Seru di Air Terjun Madakaripura

Jika berbicara tentang Air Terjun Madakaripura Probolinggo sebagian dari kamu mungkin akan teringat dengan kisah Patih Gaja Mada yang berhasil menyatukan Nusantara sebagai bagian dari Majapahit. Ya, air terjun ini memang sangat erat kaitannya dengan sang patih. Pasalnya, air terjun di Probolinggo ini berdasarkan sejarah merupakan tempat Gajah Mada bersemedi dan menghabiskan akhir hayatnya. Tempat persemedian tersebut sebenarnya ada di dalam goa yang terletak di air terjun.

Sejarah ini dibuktikan dengan adanya sebuah arca Patih Gajah Mada yang ada sekitar area air terjun. Karen sejarahnya yang melekat di kalangan masyarakat tersebut, tidak mengherankan jika banyak wisatawan dari berbagai daerah yang penasaran dan sengaja menyempatkan diri untuk mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Sebagai salah satu obyek wisata yang ada di dalam wilayah lereng Gunung Bromo, tentunya tidak ada alasan bagi kamu untuk meragukan keindahan alam yang ditawarkannya.  Apalagi, air terjun ini juga terkenal sebagai air terjun abadi karena tidak pernah kekurangan debut dan selalu melimpah.

Lokasi Gambar Air Terjun Madakaripura

Kondisi Geografis

Apabila dilihat dari kondisi geografisnya, Air Terjun Madakaripura berada di Desa Negororejo, Dusun Branggah yang masih dalam Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Obyek wisata terkenal di Probolinggo ini disebut-sebut sebagai air terjun paling tinggi di Pulau Jawa. Air terjun ini mempunyai ketinggian berkisar 200 meter.

baca: Tempat Wisata Jogja Tersembunyi Jarang Orang Tau

Landscape

Air Terjun Madakaripura menawarkan keindahan pemandangan alam yang mempesona. Air terjun yang dengan deras mengalir diantara tebing bebatuan seakan menunjukkan betapa besar kuasa tuhan dalam menciptakan alam semesta. Kedua tebing yang menghimpit air terjun seolah mencegah agar sinar matahari tidak bisa menembus ke bagian bawah.

Airnya bersih dan suaranya sangat menenangkan sehingga mampu membuat setiap pasang mata yang melihatnya terkagum-kagum. Air terjun di Probolinggo ini memiliki bentuk menyerupai ceruk yang dikombinasikan dengan bukit-bukit rindang di sekelilingnya. Lokasinya yang ada di dalam pegunungan membuat air terjun ini memiliki suasana yang adem, natural dan asri.

Berfoto Ria

Mengingat pemandangan air terjunnya yang sangat mempesona, jangan heran jika banyak wisatawan yang mengambil foto di tempat wisata ini. Air terjun yang tinggi dan bersih, tebing-tebing, bebatuan serta pepohonan yang rindang pastinya akan membuat hasil jepretan kamu semakin menakjubkan.

Bermain Air

Pada bagian bawah Air Terjun, ada kolam mini dengan kedalaman mencapai 7 meter. Namun jika anda tidak bisa berenang, alangkah baikanya tidak terlalu dekat demi keselamatan Meskipun bisa berenang anda juga harus berhati-hati mengingat arus airnya yang cukup deras.

Akses Menuju Lokasi

Untuk kamu yang penasaran untuk mendatangi obyek wisata di Jawa Timur ini, berikut adalah akses yang bisa diikuti untuk menuju lokasi.

baca: Lokasi Wisata Air Terjun Aek Sijorni, Berundak Berair Jernih

  • Naiklah bus menuju arah Tomang lalu naik angkot sampai ke Madakaripura.
  • Dari jalan raya menuju lokasi air terjun berjarak kurang lebih 5 km. Jika kamu dari obyek wisata Gunung Bromo waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke lokasi adalah 45 menit.
  • Kamu juga bisa datang menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Hanya saja, kamu harus hati-hati sebab jalan yang dilalui sangat berkelok walaupun sudah beraspal.
  • Setelah sampai di area parkir Air Terjun Madakaripura Probolinggo, wisatawan harus berjalan melalui jalan setapak sekitar 1 km.

Leave a Reply