Pantai Banyu Tibo dengan Keindahan Air Berbagai Gunung di Pacitan

Wisata Pantai Banyu Tibo dengan Keindahan Air Berbagai Gunung di Pacitan

Posted on

Pantai Banyu Tibo dengan Keindahan Air Berbagai Gunung di Pacitan – Air Terjun Banyu Tibo merupakan alternatif eksotisme di daerah Pacitan, Jawa Timur. Banyaknya gunung di sekitar pantai membuat pantai ini memiliki air terjun dengan sumber air yang berasal dari gunung. Perpaduan antara air pantai dengan air gunung itulah yang menjadi ciri khas tersendiri dari objek wisata pantai ini. Air pantai yang lengket di tubuh dapat segera hilang setelah bermain air di air terjun.

Wisata Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo Pacitan memiliki pemandangan yang sangat jarang ditemukan di pantai lainnya, yakni kolaborasi antara air terjun dan pantai. Air terjun yang terjatuh ke pantai seolah-olah tumpah menjadi pemandangan yang sangat indah. Terutama karena sumber airnya adalah beberapa gunung di sekitar Pacitan.

Pantai Banyu Tibo dengan Keindahan Air Berbagai Gunung di Pacitan

Lokasi dan Kondisi Geografis

Berlokasi di sebelah selatan Pacitan membuat Pantai Banyu Tibo mudah dijangkau dari pusat kota. Cukup menyisihkan waktu satu jam saja atau sekitar 40 km, kamu sudah tiba di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo.

Landscape

Kondisi bibir Pantai Banyu Tibo tidaklah sepanjang pantai-pantai di Pacitan. Akan tetapi pemandangan air terjun yang tumpah langsung ke pantai menjadi daya tarik yang sangat khas. Di samping itu, keunikan bahwa air terjun ini tidak pernah mengering sekalipun sedang kemarau menjadi pemandangan yang tak pernah habis untuk dinikmati sekalipun tidak terlalu tinggi keberadaannya.

Pantai Banyu Tibo dengan Keindahan Air Berbagai Gunung di Pacitan

Aktivitas

  • Berenang

Yang wajib dilakukan di pantai adalah berenang. Tentu saja hal ini menjadi lebih menyenangkan dengan kecilnya ombak dan hamparan pasir yang putih. Benar-benar menjadikan Pantai Banyu Tibo lokasi yang aman bagi dewasa dan anak-anak.

  • Trekking

Sekalipun trekking yang dilakukan adalah level standar dengan tidak menguras energi, namun tentu saja akan sangat menyenangkan ketika mengetahui hadiah yang didapatkan saat berhasil berada di atas. Dengan menaiki tangga di samping air terjun, maka kamu sudah dapat dengan mudah berada di puncak air terjun.

baca: Air Terjun Tumpak Sewu, Primadona Wisata Lumajang

  • Berfoto

Setiap spot di Pantai Banyu Tibo sangat bagus untuk dijadikan spot berfoto, terutama di puncak air terjun. Jadi siapkan kamera dan amankan semua barang-barang elektronik dari cipratan air maupun dari ketinggian.

  • Bermain Air

Kamu dapat memilih bermain air di air terjun atau di pantai. Perbedaannya adalah jika di pantai airnya asin sedangkan di air terjun airnya tawar.

  • Berkemah

Berkemah di Pantai Banyu Tibo tidak dapat dilakukan di sekitar pantai karena jika air pasang maka tenda akan tenggelam. Untuk itu jika ingin berkemah maka sebaiknya dilakukan di atas bukit yang dekat dengan warung makanan.

Pantai Banyu Tibo dengan Keindahan Air Berbagai Gunung di Pacitan

Akses Menuju Lokasi

  • Kendaraan Pribadi

Dari kota Pacitan, ikuti jalan utama Pacitan-Solo. Kemudian ikuti arah ke Pasar Punung. Sesampainya di pertigaan, beloklah ke kiri dan dapatkan Masjid Pasar Punung. Kemudian carilah Kompleks Goa Gong dan berbelok ke arak Kalak hingga menuju Pasar Kalak. Ikuti petunjuk ke arah pantai. Sedangkan dari Jogja, Magelang, maupun Bantul dapat menuju Wonosari dan lanjut ke arah Punung. Kemudian ikuti rute di atas.

baca: Pantai Sulamadaha, Air Bening Bak Kapal Terbang

  • Bus

Carilah bus arah solo atau Wonosari kemudian berhenti di daerah Punung atau Pasar Kalak. Lalu anda dapat melanjutkan perjalan dengan berjalan kaki atau bisa juga dengan mengendarai ojek.

  • Kereta Api

Turun di stasiun Tugu Jogjakarta atau Lempuyangan dilanjutkan dengan naik bus ke arah Wonosari-Punung.

Tidak sulit bukan untuk menuju ke Pantai Banyu Tibo Pacitan ini? Bagi anda pecinta wisata alam, ini adalah spot yang tak boleh anda lewatkan untuk dikunjungi saat musim liburan nanti. Happy Travelling !!

Leave a Reply