Wisata Pantai Tanjung Bira

Wisata Pantai Tanjung Bira, Pantai Pasir Putih dan Ragam Pesonanya

Posted on

Hayuklah.com – Pantai Tanjung Bira dan Semua Ragam Pesonanya. Berkunjung ke daerah pesisir mengunjungi pantai sepertinya tak akan pernah membosankan. Ditambah dengan suasana pantai yang masih bersih dan belum tercemar tentunya akan membuat kita betah berlama-lama. Sama halnya seperti suasana di Pantai Tanjung Bira di Sulawesi Selatan ini.

Terletak di Kecamatan Bonto Bahari, Tanjung Bira menjadi salah satu pantai yang indah di Kab. Bulukumba. Sudah banyak yang mengetahui destinasi wisata yang satu ini, meski begitu kebersihannya masih terjaga. Hal tersebut tak lepas dari campur tangan pihak-pihak pengelola dan tentunya kesadara wisatawan akan kebersihan objek wisata. Namun sebaiknya kecintaan terhadap lingkungan harus dimiliki oleh semua orang. Sehingga pantai atau pun objek wisata yang kita kunjungi tetap indah dan terjaga.

Meski sudah tak asing lagi, namun tak ada salahnya jika kami merangkum beberapa informasi penting tentang Tanjung Bira, bagi kamu yang belum pernah kesana. Berikut adalah eksotisme Pantai Tanjung Bira serta aneka ragam pesonanya yang menarik dan tak anda lewatkan.

Yang Menarik di Pantai Tanjung Bira

Wisata Pantai Tanjung Bira

Wisata Pantai Tanjung Bira

Jika menyoal panoramama dan kebersihan maka Tanjung Bira merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Pasir putih? Jernihnya air laut? Panorama bawah air? Semuanya sudah dimiliki oleh pantai eksotis di Bulukumba ini.

baca: 5 Tempat Wisata Jogja Tersembunyi Jarang Orang Tau

Belum lagi setelah dipoles dengan pengelolaannya yang sudah memadai. maka tak heran tempat wisata ini kerap menjadi target kunjungan para wisatawan pada saat musim libur. Selain menikmati halusnya pasir pantai, masih ada lagi kegiatan lain yang bisa dilakukan disana, seperti:

  • Menengok Pembuatan Perahu. “Nenek moyangku seorang pelaut” Tanjung Bira membuat pepatah tersebut semakin tak terbantahkan. Di Desa Tanah Beru yang tak jauh dari pantai, terdapat pusat pembuatan kapal kayu atau lebih tenar dengan kapal pinisi. Disini kamu bisa melihat bagaimana proses pembuatan kapal yang sudah sangat terkenal di Indonesia tersebut. Hal ini merupakan gambaran nyata dari kehidupan rakyat Indonesia yang masih memegang prinsip gotong royong dan menggantungkan hidup dari kayanya lautan kita.
  • Mampir ke Pelabuhan. Jika kamu males basah-basahan karena cebur ke dalam air laut, maka coba bergeser sedikit ke tempat ini agar kamu tetap bisa melihat panorama bawah laut tanpa harus ‘jemput bola’ ke bawah laut. Anda dapat memanjakan mata dengan menyaksikan perpaduan keindahan jernihnya laut, pantai, karang, serta menikmati moment – moment yang indah di kala sunset ataupun sunrise.
  • Kuliner Laut. Seperti sudah dibilang tadi, mayoritas dari penduduk disekitar sini adalah pelaut yang hebat. Maka sajian masakan kuliner laut adalah hal yang umum ditemukan disekitar Pantai. Bahkan disekitar jalanan menuju tempat ini akan sangat banyak anda temui penjual makanan laut dengan harga yang relatif terjangkau.
  • Island Hopping. Nah, ini adalah kegiatan yang cukup menarik dilakukan. Seperti kita ketahui bahwa tak jauh dari pantai ini terdapat beberapa pulau berpasir putih nan cantik. Island Hopping tentu akan menjadi cara yang tepat untuk menikmati tempat-tempat tersebut. Kamu bisa menyewa perahu nelayan untuk menjajal pulau-pulau cantik disana. Mengenai harga kamu bisa langsung menanyakan sendiri kepada para nelayan ketika berada disana. Karena tak ada tarif resmi yang ditetapkan, masih diurus secara perorangan. Pulau Kambing dan Liukang Loe adalah pulau-pulau yang bisa kamu jelajahi.
  • Diving dan Snorkeling. Lebih tepatnya ini adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan di kedua pulau diatas tadi. Di Liukang Loe sendiri sudah terdapat penginapan lho guys!

Harga Tiket Masuk Wisata

Jangan khuwatir akan harga, karena tempat sefantastis ini bisa kamu nikmati dengan tiket masuk sebesar Rp. 10k. Itu untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak kecil hanya Rp. 3k.

Hotel, Penginapan dan Sarana Penunjang Lainnya

Pengelolaan yang memadai sudah menjadi senjata pamungkas Tanjung Bira dalam menggaet minat wisatawan. Tak kurang ada puluhan hotel dan penginapan yang berjejer di tempat ini. Berikut adalah top 4 rekomendasi akomodasi terbaik berdasarkan ulasan wisatawan yang pernah menginap :

  • Cosmos Bungalows (Rating 8.9). Harga murah dan berada tepat di atas karang di bibir pantai.
  • Bara Beach Bungalows (Rating 8.8). Banyak direkomendasikan, kamu tak akan kecewa dengan pelayanan mereka.
  • Nusa Bira Indah Hotel (Rating 6.5). Keramahan, dekat dengan pantai dan harga terjangkau, tentu akan menggoda anda agar betah menginap disini.
  • Amatoa Resort (Rating 5.9). Dengan sarana yang begitu lengkap dan Langsung menghadap ke laut. Hanya menyediakan 7 kamar tentu kamu tak boleh lambat dalam memesan kamar di resort paling populer di Bira ini.

Cara Akses dan Peta Lokasi

Meski sudah ditunjang dengan fasilitas yang begitu lengkap, jarak dari Kota Makassar ke Tanjung Bira yang sekitar 197 Km (diukur dari pantai Losari) serta waktu tempuh 4.5 jam diharapkan tak membuat kamu keder duluan. Dengan pemandangan keren selama perjalanan, belum lagi dengan banyaknya tempat wisata menarik disekitar Tanjung Bira tentunya akan membuat kamu ngebet datang ke Bira.

baca: Wisata Pantai Pasetran Gondo Mayit, Surga Tersembunyi di Blitar

Jika dari Kota Makassar, maka kamu bisa menggunakan bis untuk menggapai Terminal Induk Bulukumba. Nah, dari sini maka kita harus menumpang angkutan umum lagi menuju pantai. jaraknya lumayan dekat yaitu 42 km saja.

Nah, itulah berbagai ragam pesona mengenai surga mini yang jatuh di Kabupaten Bulukumba tersebut. Lalu, tunggu apa lagi! Ayo masukkan wisata Pantai Tanjung Bira di Bulukumba ini ke dalam daftar destinasi liburanmu nanti. Happy Holiday !!

Leave a Reply