Wisata Pulau Dodola

Wisata Pulau Dodola, Si Cantik Dari Morotai Layak Jadi Idola

Posted on

Hayuklah.com – Pulau Dodola, Si Cantik Dari Morotai yang Layak Jadi Idola. Kita sering memandangi wallpaper yang kita dapat sepaket dengan software komputer, pemandangan-pemandangan yang sungguh indah dan membuat kita bertanya-tanya dimana gerangan tempat-tempat selayak kepingan surga tersebut.

Padahal sebagian tempat itu bahkan hanya rekayasa gambar. Namun keindahan Pulau Dodola di Morotai membuat kita yakin bahwa memang ada tempat di dunia ini yang seindah bahkan lebih indah dari wallpaper yang dihadiahkan software komputer kita.

Kecantikan Pulau Dodola

Pulau Dodola merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Morotai di Maluku Utara. Maluku Utara terkenal dengan keindahan pantai di pulau-pulau kecilnya yang indah mempesona. Dodola sendiri memiliki dua bagian pulau yaitu Dodola Kecil dan Dodola Besar.

Terdapat dermaga yang menjorok ke laut layaknya tanjung yang terbuat dari kayu pada Pulau Dodola Besar. Dodola Besar dan Dodola kecil terpisah oleh lautan ketika pasang, namun saat air surut kembali, kita dapat melihat pasir pantai yang menghubungkan dua pulau tersebut.

Wisata Pulau Dodola

Pantai di Pulau Dodola ini memiliki air yang berwarna biru toska jernih dengan pasir putih bersih menyilaukan yang sehalus tepung terigu dapur. Pantainya disini konon merupakan pulau tercantik di dunia, kurang jelas siapa yang mengemukakan statement itu, namun jika melihat langsung tentu hati kita akan lumer karena jatuh cinta dengan pesona serupa kepingan surga dunianya.

Bagi penyuka wisata bawa air, destinasi idola ini sendiri punya sekitar 13 spot bahkan lebih yang cocok untuk menyelam. Jangan ragukan sajian akuarium bawah lautnya yang eksotis. Tidak heran Pulau ini menjadi favorit penggemar olahraga bawah air seperti snorkeling dan diving.

baca: Wisata Pantai Ngliyep Malang, Lokasi Untuk Bersantai dan Ngliyep

Gugusan kepulauan Morotai memiliki sejarah yang terkait erat dengan Perang Dunia II, Saat perang berlangsung, kepulauan Morotai ini difungsikan sebagai lokasi transit guna mengambil alih kembali Filipina dari kekuasan Jepang oleh sekutu. Uniknya dari banyak pulau di kepulauan Morotai pasukan sekutu justru memilih Dodola untuk menjadi pangkalan perang mereka. Pun juga jenderal pasukan sekutu di Asia Pasifik uniknya memilih pulau Dodola sebagai lokasi bersantai bersama para pasukannya. Entah karena keindahan Pulaunya atau karena lokasinya yang menurut situasi perang saat itu terhitung strategis.

Sempat bermarkasnya angkatan perang di kepulauan Morotai ini memberikan warisan berharga untuk pengunjung Pulau Dodola yang menggemari pemandangan indah bawah laut. Bagaimana tidak jika di sekitar pulau ini terdapat panewreck yang dapat digunakan untuk menyelam hingga kedalaman yang pas untuk menikmati keindahan wisata bawah laut.

Peta Lokasi dan Akses Menuju Dodola

Wisata Pulau Dodola

Untuk menjajaki Pulau ini, kita harus menempuh perjalanan melalui kota Makassar via pesawat terlebih dahulu, dari Makassar kita menuju ke Ternate.

Dari Ternate kita bisa menumpang kapal ke Pulau Morotai atau naik pesawat dengan penerbangan Susi Air dengan jadwal terbang sebanyak tiga kali seminggu untuk menghemat waktu perjalanan karena waktu tempuh yang hanya selama satu jam. Dari Pelabuhan Daruba di Pulau Morotai kita bisa menyewa speed boat.

Alternatif lainnya kita bisa menumpang kapal yang membawa penduduk dengan arah pulau-pulau lain yang juga mampir ke Dodola atau naik katiting (sejenis perahu kecil bermotor) namun membahayakan naik Katinting jika cuaca sedang kurang baik, tentu kita membutuhkan informan lokal setempat. Usahakan untuk bertanya pada penduduk sekitar atau mencari info dari sumber lain sebelum memutuskan berangkat agar kita dapat merencanakan perjalanan dengan lebih tepat.

baca: Wisata Pantai Tanjung Bira, Pantai Pasir Putih dan Ragam Pesonanya

Belum lama ini pemerintah daerah setempat juga menyediakan 2 unit speedboat dengan harga sewa relatif murah untuk para wisatawan yaitu sebesar 50,000 per orang untuk menyeberangi laut dan berkunjung kesini maupun Pulau-pulau lain di area kepulauan Morotai.

Fasilitas dan Akomodasi

Di Dodola sendiri juga disediakan speedboat oleh pemerintah daerah untuk digunakan berkeliling sekitar pulau, selain itu juga sudah ada penginapan di pulau ini untuk kita yang ingin menginap. Jika merasa kurang nyaman dengan kondisi penginapan di Pulau ini ada baiknya kita mencari penginapan di sekitar Daruba yang layak dijadikan pulihan seperti Morotai Inn, Sinar Mas atau Pasific Inn. Tarif kamar dari kisaran 50,000 rupiah sampai 250,000 per malamnya.

Bagaimana? Sudah ada gambaran tentang pantai di Pulau Dodola di Morotai ini? Ayo kemas barangmu dan eksplore pulau di Maluku Utara ini. Happy travelling!!

Leave a Reply