Wisata Taman Nasional Meru Betiri

Wisata Taman Nasional Meru Betiri, Cantiknya Sulit Dirayu

Posted on

Hayuklah.com – Taman Nasional Meru Betiri, Cantiknya Sulit Dirayu. Masih ada satu lagi Taman Nasional di Banyuwangi yang tak kalah memukau, yaitu Taman Nasional Meru Betiri. Taman Nasional yang satu ini adalah salah satu destinasi wisata yang dapat memanjakan mata pengunjung dengan keindahan panorama alam beserta hal-hal yang ada di dalamnya.

Namanya memang tak sebeken tetangganya TN Buluran, namun  jangan salah jika diminta untuk beradu kecantikan alam. TN Meru Betiri tak akan kalah cantik dari Buluran. Begitu banyak keindahan yang ditawarkan oleh kawasan wisata alam yang mendapatkan pengakuan sebagai Taman Nasional pada tahun 1982 Ini.

Pengunjung bisa melakukan berbagai aktifitas, menikmati perjalanan menarik yang pantas dikenang di sana. Pasalnya, banyak hal yang mungkin tidak akan pernah Anda lupakan, malahan Anda akan tergiur untuk kembali suatu saat nanti.

Tapi begitulah… Sudah hakikatnya yang cantik memang sangat sulit dirayu. Membutuhkan tenaga yang tak sedikit untuk menaklukannya. Pamor yang kurang dikenal dan akses yang lumayan menantang membuat Meru Betiri sedikit gugup untuk menampakan diri kepada para wisatawan.

Jika ditelaah lebih baik, itulah kekurangan yang bisa menjadi kelebihan tersendiri bagi kawasan wisata alam yang cantik ini. Karena ada pepatah klasik mengatakan bahwa “Kecantikan itu tergantung pada mata siapa yang melihat”. Dan karena kurang ramai inilah yang membuatnya sangat cocok bagi anda yang ingin menghindar dari keramaian, tentu tempat wisata ini juga akan cocok untuk berlibur dengan si dia.

Nah, apa sih kelebihan dari tempat wisata ini? Mari perhatikan informasi tersebut beserta hal-hal menarik lainnya yang ada di kawasan wisata tersebut di bawah ini !

Kelebihan Taman Nasional Meru Betiri

Tempat wisata ini menjadi satu dari taman nasional yang ada di Indonesia. Kawasan ini memang tidak sepopuler taman nasional lainnya, namun ada sejumlah kelebihan yang tentunya akan Anda syukuri dan nikmati.

Keunggulan dari Meru Betiri ini adalah terdapatnya spot-spot menarik seperti hutan dan juga pantai. Makanya, waktu mengunjunginya tidak bisa dilakukan selama seharian saja. Diantara spot menarik yang bisa Anda kunjungi adalah pantai Greenbay (Teluk Hijau) dan Pantai Sukamade. Di pantai Sukamade, Anda bakalan menemukan fauna yang tidak banyak ditemukan di pantai-pantai lainnya.

Ya, penyu menjadi salah satu fauna yang bisa Anda lihat. Malahan ketika di masa bertelur, Anda bisa melihatnya secara langsung. Tapi ingat, Anda perlu pendamping yakni orang-orang yang bertugas melindungi satwa yang dilindungi tersebut.

baca: Wisata Pulau Dodola, Si Cantik Dari Morotai

Kelebihan lainnya tidak hanya penyu saja, namun satwa-satwa yang hampir punah pun bisa dilihat di kawasan taman nasional tersebut, contohnya kera ekor panjang atau harimau jawa. Selain satwa langka, pengunjung juga akan dimanjakan dengan aneka jenis flora. Misalnya, bunga raflesia yang legendaris itu.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Di Meru Betiri

Wisata Taman Nasional Meru Betiri

Wisata Taman Nasional Meru Betiri

Meru Betiri ini adalah surganya para petualang, karena di dalamnya tersimpan berbagai hal yang sayang jika tidak dijelajahi olehnya. Jika Anda suka berpetualang, taman nasional ini bisa menjadi pilihan menarik. Lalu apa saja kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung ?

Banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan selama berada di taman nasional ini. Salah satunya adalah jungle tracking atu hiking menyusuri hutan yang telah ditunjukkan rutenya.

Rute tracking ini bisa dimulai dari Bandealit menuju Teluk Meru. Baru kemudian menuju teluk Permisan, baru ke pantai Sukamade. Rute ini bisa dijangkau dalam 3 hari, ini artinya anda butuh waktu menginap selama melakukan tracking ini.

Tapi tidak usah khawatir, karena di berbagai kawasan tadi telah banyak penginapan. Sehingga Anda dapat lebih mudah dalam penentuan  pemilihan penginapan sesuai dengan yang anda butuhkan.

Selain tracking, kegiatan menarik lainnya adalah mengamati penyu saat bertelur sambil melihat keindahan matahari tenggelam di pantai Sukamade. Hal ini tentunya jika Anda menuju kawasan tersebut.

baca: Wisata Pantai Pasir Putih Tanjung Bira dan Ragam Pesonanya

Selain itu, Anda juga bisa melakukan kegiatan seperti camping ground. Tentunya kegiatan ini akan sangat menarik karena Meru Betiri ini masih menawarkan kealamian yang masih dijaga sampai saat ini.

Lokasi dan Cara Akses Menuju Meru Betiri

Lokasi dari taman nasional ini berada di Jl. Sriwijaya no 53 Jember, Jawa Timur. Yakni berdekatan dengan kawasan Jember dan Banyuwangi sehingga untuk menjangkaunya, ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih.

  • Tebing yang memagari jalan menuju kawasan Meru Betiri dari Jember
  • Jika Anda datang dari arah Jember, Anda bisa berkendara menuju Ambulu, kemudian Curahnongko, baru kemudian Bandealit. Perjalanan melalui rute ini akan memakan waktu kurang lebih 1,2 jam perjalanan.
  • Sementara bagi Anda yang memulai perjalanan melalui Banyuwangi, Anda bisa melakukan perjalanan menuju Jajag kemudian Pesanggaran. Setelah itu, Sarongan dan Sukamade (tempat tujuan). Hanya saja, waktu yang akan ditempuh cukup lama yakni sekitar 4 jam.

Nah, jika Anda suka berpetualang, jangan pernah lewatkan untuk berkunjung ke Taman Nasional Meru Betiri di Banyuwangi, Jawa Timur ini. Happy Travelling !!

Leave a Reply